ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN PEMBIAYAAN DI BMT PADA PENGUSAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PENGUSAHA YANG MENGAMBIL PEMBIAYAAN PADA BMT MENTARl,KABUPATEN KIJATEN)

SEPTl MARHAMAH, 03390551-02 (2007) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN PEMBIAYAAN DI BMT PADA PENGUSAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PENGUSAHA YANG MENGAMBIL PEMBIAYAAN PADA BMT MENTARl,KABUPATEN KIJATEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN PEMBIAYAAN DI BMT PADA PENGUSAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PENGUSAHA YANG MENGAMBIL PEMBIAYAAN PADA BMT MENTARl,KABUPATEN KIJATEN))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN PEMBIAYAAN DI BMT PADA PENGUSAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PENGUSAHA YANG MENGAMBIL PEMBIAYAAN PADA BMT MENTARl,KABUPATEN KIJATEN))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan suatu analisis empiris, penelitian ini menguji model pengaruh variabel pendapatan , pengalaman usaha, pendidikan , dan pemahaman tentang BMT terhadap pengambilan pembiayaan oleh para pengusaha industri rumah tangga dari BMT MENTARI, Kabupaten Klatcn. Dalam pcnclitian ini pernrnsalahan yang akan <l ipccahkan okh pcncliti a<lalah apakah faklor pendapatan, pengalaman usaha, pendidikan, dan pemahaman tentang BMT mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengambilan pembiayaan pada BMT MENTARJ. Dari popul asi 106 pengusaha in<lustri rumah tangga yang menjadi nasabah pembiayaan di BMT MENTARI akan dipilih secara cluster sampling sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket kepada nasabah produk pembiayaan pada I3MT MENTARI serta mengambil literatur dan inforniasi mcngenai beberapa hal yang mempengaruhi pengambilan pembiayaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu analisis yang digunakan untuk melengkapi analisis kuantitatif yang datanya diperoleh dari angket. Dan analisis kuantitatif yaitu menggunakan uji asumsi klasik dan regresi bergan<la. Dari basil analisis dikelahui terdapat pengaruh antara pcndapatan, pengalaman usaha, pendidikan, dan pemahaman tentang BMT terhadap pengambilan pembiayaan baik secara sendiri-sendiri maupun hersama-sarna. Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan beberapa saran sebagai berikut: Pertama, mempcrbanyak kantor kas BMT MENTARl. Kedua, perlu adanya sosialisasi BMT MENTARI ke rnasyarakat yang mempunyai pendidikan relatif tinggi. Ketiga, menjalin hubungan kekeluargaan dengan nasabah sehingga muncul kepercayaan dari masing-masing pihak. Terakhir, Keempat, bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian dalam bidang yang sama untuk menan1bah jumlah variabel dan jumlah sampcl sehingga akan didapat hasil yang lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE. M.Si
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Oct 2015 14:09
Last Modified: 20 Oct 2015 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum