STRATEGI MARKETING RADIO KOMERSIAL (STUDI TERHADAP UNISI FM YOGYAKARTA)

MUHAMMAD IMRON - NIM. 02210881 , (2009) STRATEGI MARKETING RADIO KOMERSIAL (STUDI TERHADAP UNISI FM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MARKETING RADIO KOMERSIAL (STUDI TERHADAP UNISI FM YOGYAKARTA))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MARKETING RADIO KOMERSIAL (STUDI TERHADAP UNISI FM YOGYAKARTA))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing Unisi FM sebagai radio komersial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui praktek marketing pada Unisi FM. Untuk mengetahui hal tersebut dibutuhkan adanya kesesuaian antara teori dan praktik. Penelitian ini apabila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitian ini adalah Direktur Utama, Manager Komersial yang membawahi staf bidang pemasaran, Sekretaris perusahaan sekaligus PR dan Manager News and talkshow. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi serta analisis data. Hasil penelitian menunjukkan strategi-strategi yang di gunakan Unisi FM sebagai berikut : 1) Strategi jemput bola artinya Unisi secara aktif bekerjasama dengan beberapa pihak EO untuk peliputan dan penyiaran berita hal ini dibuktikan dengan peliputan even-even promosi Close Up di beberapa kampus di Yogyakarta. 2) Memperbanyak Sales Promotion di bidang Off Air. Selama ini Unisi FM menjalin kerjasama yang baik dengan produsen Lux dan sudah lebih dari 50 kali mengadakan even di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan telkomsel Unisi sudah mengadahan lebih dari 11 kali even. Unisi juga pernah bekerjasama dengan Trans TV dalam acara Extravaganza. Terakhir Unisi bekerjasama dengan SCTV dalam acara pundi amal menggalang dana kemanusiaan. 3) Mendirikan Media Developmen Training ( MDO ) pada tahun 2006 yang menaungi diklatdiklat penyiaran dasar radio yang materinya : pelatihan penyiar dasar, pelatihan dasar produksi, pelatihan penulisan naskah iklan serta olah vocal. 4) Mendirikan Production House ( PH ) pada tahun 2005. Produktion House ini sudah menyelesaikan beberapa produk off air antara lain : Paket story musik yang mengisahkan perjalanan terciptanya sebuah lagu mulai dari inspirasi ide, pembuatan lirik dan musik sampai dapur rekaman. Paket jalan-jalan sore, even tahunan ini di adakan pada bulan ramadhan dan sudah terlaksana 3 tahun terakhir. 5) Momedernisasi alat-alat core siaran, ruang studio dan studio jalan ( mobil siar) di tambah strategi-strategi lain yaitu : brand, differentiation, positioning, segmentation, targeting, marketing mix, selling, service, process.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: KHOIROUMATIN, M.SI
Uncontrolled Keywords: strategi marketing, radio komersial, Unisi FM
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 19 Jul 2012 21:40
Last Modified: 27 Dec 2016 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum