SWOT ANALYSIS BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DI USAHA MIKRO PROPINSI DIY 2012 - 2013 (STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI (BIF) KOTA GEDE YOGYAKARTA)

ROISSATUN HIDAYAH, NIM. 09240070 (2015) SWOT ANALYSIS BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DI USAHA MIKRO PROPINSI DIY 2012 - 2013 (STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI (BIF) KOTA GEDE YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SWOT ANALYSIS BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DI USAHA MIKRO PROPINSI DIY 2012 - 2013 (Studi Kasus BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Kota Gede Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SWOT ANALYSIS BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DI USAHA MIKRO PROPINSI DIY 2012 - 2013 (Studi Kasus BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Kota Gede Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

Perkembangan BMT di Indonesia sampai saat ini telah mencapai jumlah jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia dan tampil sebagai pendorong intermediasi usaha rill-mikro. Menurut BPS jumlah BMT pada tahun 2011 terdapat 5.000 lebih yang tersebar di Indonesia. 3.000 diantaranya tergabung dalam PINBUK. Namun, tidak sedikit BMT yang muncul lalu tenggelam hal ini karena tidak didukung oleh faktor-faktor pendukung yang memungkinkan BMT untuk terus berkembang, seperti perencanaan strategis yang tidak terkonsep, SDM belum memadai, karyawan tidak profesional dan modal lemah. Oleh karena itu BMT BIF Kota Gede harus mempunyai strategi perencanaan yang matang. Perkembangan BMT BIF yang sudah berdiri 19 tahun terus mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini tidak lepas dari metode perencanaan strategis dan evaluasi kerja dengan menggunakan SWOT analysis yaitu dengan mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman ( threats) BMT BIF. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh BMT BIF untuk meningkatkan kualitas BMT di usaha mikro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu dengan subyek manajer, karyawan dan nasabah/ mudharib. Objek penelitian adalah analisis SWOT BMT. Sumber data primer dan skunder. Metode pengumpulan data terdiri dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan deskriptif – analisis dan analisis SWOT. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, metode yang digunakan adalah triangulasi. Hasil dari penelitian analisis SWOT BMT BIF berada pada posisi pertumbuhan, hal ini dipertegaskan dengan kekuatan yang lebih besar, skor kekuatan 2,45 dan sedikit kelemahan dengan skor -1,65. BMT BIF berada pada pertumbuhan pasar yang tinggi dengan total skor peluangnya sebesar 2,45 dan sedikit ancaman dengan skor -1,3. Faktor pendukung yaitu dengan kekuatan dan peluang yang dimiliki BMT BIF sedangkan faktor penghambat dengan kelemahan dan ancaman yang dimiliki BMT BIF. Kata kunci: SWOT Analysis, Baitul Maal Wat Tamwil, Usaha Mikro

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Mikhriani, MM
Uncontrolled Keywords: SWOT Analysis, Baitul Maal Wat Tamwil, Usaha Mikro
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2015 08:15
Last Modified: 02 Nov 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum