EFEEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII

GALUH PUSPITA PRAHARSIWI, NIM. 10600034 (2015) EFEEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII)
10600034_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII)
10600034_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa , (2) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ular tangga dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa, (3) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ular tangga dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimentdengan desain pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas dan terikat. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ular tangga,dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan statistika parametrik, yaitu uji annova serta statistika nonparametrik yaitu uji Krsukal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa dan pemahaman konsep siswa, (2) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ulartangga lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa dan pemahaman konsep siswa, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ulartangga tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keaktifan belajar siswa dan pemahaman konsep siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: permainan ular tangga, model pembelajaran kooperatif, metode numbered heads together, keaktifan belajar, pemahaman konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 09:41
Last Modified: 21 Oct 2015 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum