PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR

LULU TARADEBITA, NIM. 11600010 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR)
11600010_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR)
11600010_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik menggunakan Adobe Flash CS3 untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar yang layak digunakan; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik berdasarkan penilaian validator; (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan tahap-tahap pengembangan yang diadaptasi dari Borg dan Gall. Pengembangan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) melakukan investigasi awal dan studi pustaka; (2) mengembangkan produk; (3) uji produk yang meliputi validasi instrumen dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji lapangan dilanjutkan revisi, dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi angket untuk ahli yang terdiri dari angket ahli materi dan angket ahli media, angket motivasi belajar, soal post test, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) media pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik berhasil dikembangan dengan tahap: pendahuluan, pengembangan, dan uji produk. (2) kualitas media yang dikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan 78% berdasarkan validasi ahli materi dan 76.66% berdasarkan validasi ahli media. Berdasarkan hasil post test, media dikatakan telah berhasil memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Hal ini dilihat dari 63.33% dari banyaknya siswa yang mengikuti post test memperoleh skor lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Berdasarkan angket motivasi belajar siswa, media dikatakan dapat memfasilitasi motivasi belajar siswa dengan kriteria sangat tinggi mencapai 81.10%. (3) Berdasarkan data yang diperoleh, respon siswa terhadap media yang dikembangkan sebesar 82% dengan kriteria sangat positif. Oleh karena itu, media pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar ini telah layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik, Borg & Gall, Adobe Flash CS3, Bangun Ruang Sisi Datar.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 09:54
Last Modified: 21 Oct 2015 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum