PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

WAWAN SETIA BUDI, NIM. 11600013 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL))
11600013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL))
11600013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa; (2) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan disposisi matematis siswa; dan (4) peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kemampuan awal matematis (KAM), serta variabel terikat berupa kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta , dengan sampel siswa kelas 8-6 dan 8-7. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan literasi matematis, skala disposisi matematis, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak (dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. (2) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) tidak lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan literasi matematis, disposisi matematis.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 09:56
Last Modified: 21 Oct 2015 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum