SEHAR TRIHATUN, NIM. 11600018 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF)
11600018_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf Download (20MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF)
11600018_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Literasi dan disposisi matematis merupakan kecakapan matematis yang penting untuk dimiliki siswa terkait dengan adanya berbagai permasalahan yang semakin sulit yang harus dihadapi siswa di dalam kehidupannya. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Interaksi antara pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) terhadap peningkatan literasi dan disposisi matematis siswa. (2) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif lebih tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif lebih tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas berupa model pembelajaran generatif dan KAM, serta dua variabel terikat berupa literasi dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Yogyakarta, dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni, instrumen pengumpul data berupa test (pretest-posttest) dan skala disposisi matematis serta instrumen pembelajaran berupa RPP dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik berupa uji anava dua jalur dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. (2) Peningkatan Kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif lebih tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif tidak lebih tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Ibrahim, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Model Pembelajaran Generatif, Literasi Matematis, Disposisi Matematis. |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 21 Oct 2015 09:59 |
Last Modified: | 21 Oct 2015 09:59 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17943 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |