EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 6E TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA

ARINA HUSNA ZAINI, NIM. 11600046 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 6E TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 6E TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA)
11600046_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 6E TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA)
11600046_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan model pembelajaran learning cycle 6E daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) keefektifan model pembelajaran learning cycle 6E daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa model pembelajaran learning cycle 6E dan dua variabel terikat berupa aktivitas dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Yogyakarta dengan sampel kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan VIII C sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari dua jenis instrumen yaitu instrumen pengumpulan data dan instrumen pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa, soal tes prestasi belajar siswa (pretest-posttest) dan lembar catatan lapangan, sedangkan instrumen pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini berupa RPP. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk aktivitas belajar siswa dan analisis statistik parametrik berupa uji-t satu pihak digunakan untuk menganalisis prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran learning cycle 6E lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) Model pembelajaran learning cycle 6E lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 6E, Aktivitas Belajar, Prestasi Belaja
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 13:45
Last Modified: 21 Oct 2015 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17958

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum