EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

RIDA PURWANTI, NIM. 11600050 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
11600050_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
11600050_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu: (1) untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep; (2) untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan model NHT dan Time Tokens dan dua variabel terikat berupa pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangnongko Klaten dengan sampel penelitian kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal pretest-posttest dan angket motivasi belajar matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik berupa uji T dan nonparametrik berupa uji U. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep; (2) pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan Time Tokens tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: efektivitas, Numbered Head Together (NHT) dan time tokens, pemahaman konsep, motivasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 13:46
Last Modified: 21 Oct 2015 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17959

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum