ANALISIS HUBUNGAN MODAL KERJA DENGAN KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada Perusabaan-Perusabaan Yang Terdaftar Pada Jakarta Islamic Index Di Bursa Efek Jakarta)

EULIS SITI MUHLISAH, NIM. 01391069 (2015) ANALISIS HUBUNGAN MODAL KERJA DENGAN KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada Perusabaan-Perusabaan Yang Terdaftar Pada Jakarta Islamic Index Di Bursa Efek Jakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HUBUNGAN MODAL KERJA DENGAN KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada Perusabaan-Perusabaan Yang Terdaftar Pada Jakarta Islamic Index Di Bursa Efek Jakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HUBUNGAN MODAL KERJA DENGAN KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada Perusabaan-Perusabaan Yang Terdaftar Pada Jakarta Islamic Index Di Bursa Efek Jakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Modal kerja adalah dana yang dipergunakan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan sehari~hari. Ketepatan penggunaan modal kerja dalam menjalankan operasai perusahaan sangat mempengaruhi perusahaan itu sendiri. Dengan modal kerja yang dimiliki perusahaan. maka perusahaan dapat menentukan strategi yang harus dilakukan dalam operasional perusabaan. Modal kerja secara umum dapat digunak.an untuk mengukur tingkat likuiditas perusahaan, sehingga kinerja perusahaan harus dipantau terus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Penilaian terhadap kinerja keuangan akan berdampak pada pengambilan keputusan baik pihak interen maupun eksteren perusahaan. Dengan demikian modal kerja sebagai modal utama untuk membiayai kebutuhan operasional perusahaan setiap hari perlu dikelola secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan modal kerja dengan kinerja keuangan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dengan menggunakan sumber data sekunder yang diperoleh dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD) yang tersedia di pojok Bursa Efek Jakarta Fakuhas Ekonomi Ull, dan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode korelari product moment. Dari basil penelitian ini disimpulkan bahwa modal kerja 4.212 (t hltung) > 1.6684 (t tabel) dengan tingkat signifJ.k.ansi 0.00 1. Hal ini menunjukkan bahwa modal kerja mempunyai hubungan secara positif dan signiflk.an terhadap k.inerja keuangan. Hasil penelitian ini juga menghasilkan nilai koefisien k.orelasi r hltung 0.715. Ini berarti ada hubungan yang kuat dan signifikan antar modal kerja dengan kinerja keuangan. Penelitian ini pernah dilak.ukan oleh beberapa peneliti diantaranya penelitian yang dilakukan oleh Muhamad Fa jar Fauzi dan Firman Yoga Prayitno, penelitian tersebut mengemukak.an tentang efisiensi penggunaan modal kerja dalam kaitannya dengan rentabilitas ekonorni. Kedua penelitian tersebut menggunak.an variabel kas, piutang dagang dan persediaan, sedangkan penulis menggunakan variabel modal k.erja dan kinerja keuangan (ROI) sebagai variabel analisis. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang berbeda dengan peoelitian sebelumnya, oleh karena itu penelitian ini dapat menambah wacana para peneliti yang akan melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. IBNNU QIZAM, S.E, M.Si, Akt
Uncontrolled Keywords: Modal kerja, kinerja keuangan
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2015 14:08
Last Modified: 23 Oct 2015 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum