EVALUASI PENGGUNAAN PERMAINAN GUNDU BILLIARD UNTUK MEMPERTAHANKAN ASPEK MEANINGFUL PLAY DAN INTERAKTIVITAS

DIMAS RAHMAT WIDODO, NIM. 10660023 (2015) EVALUASI PENGGUNAAN PERMAINAN GUNDU BILLIARD UNTUK MEMPERTAHANKAN ASPEK MEANINGFUL PLAY DAN INTERAKTIVITAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PENGGUNAAN PERMAINAN GUNDU BILLIARD UNTUK MEMPERTAHANKAN ASPEK MEANINGFUL PLAY DAN INTERAKTIVITAS)
10660023_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PENGGUNAAN PERMAINAN GUNDU BILLIARD UNTUK MEMPERTAHANKAN ASPEK MEANINGFUL PLAY DAN INTERAKTIVITAS)
10660023_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Gundu Billiard adalah sebuah permainan yang dikembangkan oleh Anwar (2014). Permainan ini merupakan kombinasi permainan antara gundu tradisional dan billiard. Permainan gundu billiard diharapkan dapat menghidupkan kembali permainan tradisional yang sudah mulai hilang seiring dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana permainan gundu billiard dalam mempertahankan aspek meaningful play dan interaktivitas, mengetahui perilaku pemain dan elemen yang ada pada permainan gundu billiard, serta mengusulkan perbaikan pada desain dan Role Play permainan gundu billiard berdasarkan evaluasi yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah thinking Aloud. Dalam penelitian ini dilakukan uji sebanyak 3 kali setiap uji memerlukan 11 responden sehingga total responden adalah 33. Perbaikan dilakukan pada setiap akhir uji sehingga dalam penelitian ini dilakukan perbaikan sebanyak 3 kali. Metode yang digunakan dalam melakukan perbaikan adalah metafora untuk memperbaiki desain agar lebih mudah dipahami pengguna, metode Analisis Morfologi untuk menemukan aturan permainan yang sesuai dengan keinginan pengguna. Dalam mengukur kepuasan pengguna, diberikan kuisioner smiley o’meter. Dari hasil pengukuran kepuasan, dapat dilihat nilai kepuasan setiap evaluasi meningkat Nilai kesenangan pada grafik Smiley ‘o meter menunjukkan nilai yang meningkat pada setiap evaluasi dalam permainan gundu billiard. penelitian ini memberikan perbaikan pada bagian tepi bawah media dimana bahan diganti dengan yang lebih memantul, kemudian perubahan dilakukan pada bagian bawah media dengan warna Traffic Light. Perilaku pemain dalam memainkan gundu billiard sama dengan permainan gundu tradisional dan billiard.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Taufiq Aji, M.T.
Uncontrolled Keywords: Gundu Billiard, evaluasi, meaningful play, interaktivitas, Think Aloud, Metafora, Smiley o’meter, traffic light
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Oct 2015 08:18
Last Modified: 26 Oct 2015 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum