EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II )

DIAN NOVITASARI, NIM. 03470576 (2007) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dian Novitasari. Efektivitas Pengelolaan Kelas Oleh Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana efektivitas pengelolaan kelas XI yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dan faktor faktor yang ada dalam efektivitas pengelolaan kelas, baik itu faktor pendukung maupun faktor penghambat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II tahun ajaran 2006/2007, guru pendidikan agama Islam yang mengajar kelas XI serta kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) Efektivitas pengelolaan kelas XI yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam belum sepenuhnya terlaksana secara optimal dan maksimal. Untuk itu guru pendidikan agama Islam melakukan optimalisasi efektivitas pengelolaan kelas dengan berbagai kemampuan yang dimiliki, walaupun terkadang guru sadar untuk dapat efektif secara maksimal masih sulit dilakukan. Kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam efektivitas pengelolaan kelas, meliputi: persiapan guru sebelum dimulai pembelajaran, pendekatan pengelolaan kelas, keterampilan pengelolaan kelas, teknik pengelolaan kelas. Namun, sebelumnya guru perlu mengetahui tujuan dari melakukan efektivitas pengelolaan kelas dan setelah semuanya dilakukan maka guru melakukan tindakan evaluasi dalam efektivitas pengelolaan kelas. (2) Faktor pendukung dalam efektivitas pengelolaan kelas XI yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam adalah dari siswa berupa kelengkapan catatan pelajaran, kesiapan jasmani dan rohani serta antusias siswa menjawab pertanyaan guru, siswa tidak dalam keadaan mempunyai masalah, latar belakang yang berbeda-beda. Faktor pendukung lainnya dari guru berupa kesiapan jasmani rohani, kepemimpinan yang demokratis, persiapan guru sehelum dimulai pelajaran,format belajar mengajar yang bervarisi. Selain itu faktor dari sekolah berupa belum ada usaha untuk melengkapi peralatan, ruang kelas jauh dari keramaian, sekolah ikut membantu guru menangani masalah siswa. Faktor Iain dari lingkungan sekolah yang berupa lingkungan strategis jauh dari keramaian pasar, mall tetapi dekat dengan jalan raya. Namun, hal ini tidak mengganggu karena kelas jauh dari kebisingan jalan raya. Adapun selain faktor pendukung yaitu faktor penghambat yang datang dari siswa berupa kurang minatnya siswa masuk madrasah, terlalu padatnya bidang studi yang harus dipelajari sehingga siswa terlalu berpikir lelah. Faktor lain dari guru berupa masih ada guru yang belum mengerti pentingnya kompetensi yang wajib dimiliki, masih ada guru mencari income di luar jam pelajaran, penguasaan kelas kuaran maksimal, kekurangtahuan sebagian guru tentang pengelolaan kelas. selaian itu faktor datang dari sekolah berupa kurangnya fasilitas yang berkaitan dengan bidang studi pendidikan agama Islam, input tidak sesuai harapan. Adapun faktor dari lingkungan sekolah berupa belum adanya dukungan masyarakat sekitar dalam menangani siswa bermasalah, lingkungan sekolah dekat dengan jalan raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: efektivitas pengelolaan kelas, guru pendidikan agama islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 02 Nov 2015 11:39
Last Modified: 02 Nov 2015 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18048

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum