PEMBERDAYAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA BUSTANUL ULUM NU BUMIAYU KABUPATEN BREBES

ISTIKAROMAH, NIM. 03470560 (2007) PEMBERDAYAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA BUSTANUL ULUM NU BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ISTIKAROMAH. Pemberdayaan Tenaga Kependidikan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu Kabupaten Brebes. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pemberdayaan tenaga kependidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu Kabupaten Brebes dan hasil yang dicapai oleh SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu Kabupaten Brebes. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk membantu meningkatkan pemberdayaan tenaga kependidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan mengambil lokasi di SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu Kabupaten Brebes. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Rekrutmen tenaga kependidikan yang dilaksanakan di SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu melalui informasi tentang lowongan pekerjaan pada tahap awal diinformasikan kepada tenaga kependidikan yang ada di SMA Bustanul Ulum serta melalui media masa baik radio ataupun media cetak yang ada di wilayah Brebes. Melalui tes wawancara, tes tulis, dan tes psikologi. Pengangkatan tenaga kependidikan yang baru, Kepala sekolah diberi wewenang untuk mengangkat tenaga kependidikan yang baru sedangkan yayasan hanya memberikan Surat Keputusan (SK) pengangkatannya saja. Adapun status guru yang baru diangkat adalah guru tidak tetap.Pengangkatan dalam jabatan dilakukan jika tenaga kependidikan sudah memenuhi syarat-syarat dan kriteria yang telah ditentukan diantaranya efektifitas dan efisiensi dalam bekerja. Selain gaji yang diberikan pada setiap bulannya, SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu juga memberikan tunjangan kepada tenaga kependidikannya dalam bentuk pembagian Tunjangan Hari Raya (THR), dana testing, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, dan koperasi pakaian. Sekolah pernah mengikutsertakan para tenaga kependidikan pada berbagai pelatihan dalam bentuk Training, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), seminar, workshop, dan lain sebagainnya.Hasil yang dicapai setelah diadakannya upaya pemberdayaan kepada tenaga kependidikan yaitu memunculkan semangat baru pada tenaga kependidikan, kedisiplinan semakin meningkat, lebih profesional secara pribadi di dalam pekerjaannya, dan lain sebagainya. Status sekolah mengalami peningkatan dengan status terakhir yang di dapat SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu Terakreditasi A. Kelulusan para siswa pada Ujian Nasional 100% dan mendapatkan peringkat ke-8 untuk hasil Ujian Nasional dari 32 SMA yang ada di Kabupaten Brebes. Sedangkan untuk prestasi non akademik yang paling menonjol adalah ekstra kurikuler Marching Band karena pernah mendapatkan prestasi sampai tingkat nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Anis, MA.
Uncontrolled Keywords: tenaga kependidikan, mutu pendidikan, sma bustanul ulum nu bumiayu kabupaten brebes
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 02 Nov 2015 14:29
Last Modified: 02 Nov 2015 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum