TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LARANGAN MENIKAH PADA BULAN SAFAR DI MASYARAKAT KECAMATAN SUNGAI RAYA KALIMANTAN SELATAN

FASRY HELDHA DWISURYATI, NIM. 03350059 (2007) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LARANGAN MENIKAH PADA BULAN SAFAR DI MASYARAKAT KECAMATAN SUNGAI RAYA KALIMANTAN SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LARANGAN MENIKAH PADA BULAN SAFAR DI MASYARAKAT KECAMATAN SUNGAI RAYA KALIMANTAN SELATAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LARANGAN MENIKAH PADA BULAN SAFAR DI MASYARAKAT KECAMATAN SUNGAI RAYA KALIMANTAN SELATAN)
BAB II,III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemikahan adalah perbuatan yang sakral dan perbuatan yang diimpikan oleh setiap orang. Pemikahan yang dilaksanakan diharapkan dapat terbina kekal untuk selamanya. Agar tercapai harapan tersebut, maka tujuan dari pemikahanpun hams dapat terwujudkan dalam kehidupan rumah tangganya. · Dalam Islam semua bulan adalah baik, namun dalam pandangan masyarakat Kecamatan Sungai Raya, bulan Safar adalah bulan panasan, sehingga tidak baik bila melakukan pemikahan di bulan ini. Mereka percaya pemikahan yang dilaksanakan pada bulan ini banyak memberikan pengaruh negatif dibandingkan pengaruh positifnya. Dari keyakinan demikian, kemudian muncullah larangan untuk menikah pada bulan Safar, dengan tt.juan agar pihak yang melaksanakan pernikahan dapat terhindar dari bencana. Berdasarkan metode yang digunakan, maka terungkaplah bahwa: pertama, larangan menikah pada bulan Safar yang ada di masyarakat Kecamatan Sungai Raya ini bertentangan dengan na.s.s baik al-Qur'an maupun as-Sunnah. Dalam al-Qur'an maupun as-Sunnah tidak ditemukan dalii-dalil yang dapat menguatkan larangan tersebut. Kedua, Keyakinan masyarakat atas pengaruh-pengaruh negatif yang akan didapat bila melakukan pemikahan di bulan Safar, dikhawatirkan dapat menimbulkan kemusyrikan yang dapat menjerumuskan manusia kepada kenistaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi pennasalahan di atas, sebagai bentuk kepedulian antar sesama clan bentuk implementasi hukum Islam terhadap kenyataan yang terjadi di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. H. RATNO LUKITO, M.A., DCL.
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Nov 2015 14:26
Last Modified: 03 Nov 2015 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum