REVITALISASI PENDIDIKAN NILAI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TINJAUAN FILOSOFIS)

EKO YULIANTO, NIM. 02471216 (2007) REVITALISASI PENDIDIKAN NILAI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TINJAUAN FILOSOFIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REVITALISASI PENDIDIKAN NILAI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TINJAUAN FILOSOFIS))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REVITALISASI PENDIDIKAN NILAI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TINJAUAN FILOSOFIS))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

EKO YULIANTO. Revitalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Islam Skripsi (Tinjauan Filosofis). Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang makna dan hakekat Revitalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Islam (Tinjauan Filosofis). Secara subtansif penelitian ini merupakan literature research (penelitian pustaka) dengan menggunakan pendekatan filosofis. Kemudian secara kronologis skripsi ini meliputi; pertama memahami konsep pendidikan nilai yang memuat tentang pengertian pendidikan nilai, pendekatan-pendekatan dan strategi dalam pendidikan nilai. Keduu, revitalisasi pendidikan nilai dalam pendidikan Islam yang memuat tentang pengertian pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, urgensi pendidikan nilai dalam Islam dan revitalisasi pendidikan nilai dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian mewujudkan bahwa nilai merupakun sesuatu yang paling, Esensi dalam kehidupan manusia. Sehingga menjadikan tugas pendidikan untuk melakukan intemalisasi nilai nilai dari tahapan menyimak (receiving), menanggapi (responding) memberi nilai (valuing ), mengorganisasikan (organizing by valuing), dan karakterististik nilai (characterization by a value or value complex). Berbagai problematika yang tengah dihadapi oleh dunia pendidikan termasuk pendidikan Islam di rasakan perlu untuk mclakukan Iangkah revitalisasi pendidikan nilai dalam proses pendidikannya. Sehingga dalam fungsinya makna pendidikan sebagai transfer of values. Khusus berbicara mengenai pendidikan Islam yang memiliki landasan normatif sebagai surnber nilai bagi kehidupan manusia (al Qur'an dan as Sunnah) adalah bentuk aplikasi dari konsep ajaran Islam yang rahmatan lil'alamiin dengan luas dan beragamnya kandungan nilai dalam setiap ajaran yang dimiliki. Pendidikan nilai dalam pandangan Islam adalah penanaman dan pengembangan nilai-nilai pada diri seseorang sebagai potensi atas konsep kefitrahan serta upaya uintuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang ideal yakni terbentuknya profil insan kamil (manusia yang sempuma). Secara khusus pendidikan nilai bukanlah suatu mata pelajaran yang terformat secara khusus namun terintegrasi dalam semua bidang pendidikan.Diharapkan ada korelasi dengan mata pelajaran sehingga proses pendidikan nilai dapat teraktualisasi secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, MPd
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Nov 2015 09:29
Last Modified: 04 Nov 2015 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18093

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum