PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK GURU DI KAMPUNG WARUNGBOTO KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA

ENDAR SUHENDAR, NIM. 02471296 (2007) PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK GURU DI KAMPUNG WARUNGBOTO KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK GURU DI KAMPUNG WARUNGBOTO KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK GURU DI KAMPUNG WARUNGBOTO KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ENDAR SUHENDAR. Pendidikan Islam Bagi Anak dalam Keluarga Guru di Warungboto Kecarnatan Umbulharjo Kota Yobryakarta. Skripsi. Yogyakarta Fakulltas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dan pelaksanaan pendidikan Islam bagi anak dalam Keluarga guru di Warungboto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Populasi penelitian ini adalah keluarga guru di Warungboto Kecarnatan Umbulharjo Kota Yogyakarta yang mempunyai anak berusia 6-12 tahun yang berjumlah 20 keluarga. Pengmnpulan data dilakukan dengan mengadakan pengarnatan, wawancara dan dokumentasi, analisis data di lakukan dengan menggunakan metode berfikir lnduktif yaitu cara berfikir yang bertolak dari suatu peristiwa khusus kemudian di tarik ke suatu peristiwa wnum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga guru di warungboto, mernandang tentang tujuan pendidikan Islam bagi anak, profil anak yang diharapkan dan tanggung jawab orangtua terhadap anak. Tujuan pendidikan Islam bagi anak adalah untuk menanamkan aqidah kedalam diri anak, agar anak terampil dan taat kepada Allah SWf, sebagai landa~an hidup, menanamkan jiwa religius, berguna bagi agama dan masyarakat serta menjadi insan yang sernpurna. Berkaitan dengan profil yang diharapkan yaitu anak terampil dan bertaqwa, berbudi pekerti luhur, bercita-cita tinggi, bertanggung jawab dan mandiri, kuat jasmani dan rohani serta berguna bagi orang lain. Dan tanggung jawab orang tua ada1ah mendidik dengan baik dan benar pada usia-usia tertentu, memwat dan memelihara dengan penuh kasih sayang dan memberikan nafkah yang baik dan halal. Keluarga guru di Warungboto memberikan materi dan metode pendidikan Islam bagi anaknya, materi yang di berikan adalah meliputi menanankan nilai-nilai aqidah, menanamkan kebiasaan beribadah dan menanamk.an kebiasan berakhlakul karimah dan metode yang di berikan ada.lah pendidikan dengan keteladan.an, pendidikan dengan nasihat, pendidikan dengan perhatian dan pendidikan dengan pemberian dan hukmnan. Kemudian dalam pelaksanaan pendidikan bagi anak ada pendukung dan penghambat, pendukung diantaranya adanya kesadaran bemgama yang tinggi dalam keluarga gun1, terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan da.n lingkungan masyarakat yang mendukung. Kemudia.n yang rnenjadi penghambat adalah kemajuan tekhnologi khususnya televisi dan kesibukan orangtua. Penulis memandang bahwa keluarga guru di Warungboto telah cukup berhasil dalam memberikan materi pendidikan Islam bagi anak begitupun dalam menggunakan metode pendidikan lslam. Dikatakan cukup berlmsil karena keluarga gwu telah mampu untuk menarnunkan nilai-nilai aqidah, menanamkan kebiasan ben"badah, menanamkan kebiasan berakhlakul karimah serta rnemberikan pendidikan jasmani dan akal dan telah mampu pula memberikan metode yaitu denga.n, keteladanan, adat kebiasaan, nasihat, perhatian dan pemberian dan hukuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Nov 2015 09:34
Last Modified: 04 Nov 2015 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18094

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum