URGENSI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DI SDIT SALASABILA JETIS BANTUL

NURIYAH, NIM. 03470606 (2007) URGENSI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DI SDIT SALASABILA JETIS BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (URGENSI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DI SDIT SALASABILA JETIS BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (URGENSI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DI SDIT SALASABILA JETIS BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang metode pembiasaan yang dalam membentuk kepribadian anak di SDTT Salsabila Jetis Bantul, serta segala kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempumakan penerapan metode pembiasaan dalam membentuk kepribadian anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT Salsabila Jetis Bantu!. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadaan pengamatan, wawancara. dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengartikan makna terhadap data yang sudah berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah baru diambil kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan dengan metode triangulasi denga dua modus yaitu dengan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan: (t) Tujuan penggunakan metode pembiasaan dalam membentuk kepribadian anak adalah dalam diri anak tertanam rasa kemandirian, yang dalam pelaksanaanya anak-anak mencuci piring sendiri, praktek langsung ketika mengunjungi tempat-tempat produksi seperti, membuat siomay, kerajinan tangan, dll. (2) anak memeliki rasa disiplin yang tinggi, yang dalam pelaksanaanya tercennin pada perilaku anak seperti sholat tepat waktu, terlambat dihukum, (3) anak memiliki rasa sopan baik terhadap orang yang lebih tua maupun teman sebaya dalam ha) ini tercennin pada perilaku anak mengucapkan salam ketika masuk ruangan, menyalami setiap tamu yang datang. (4) anak-anak menyukai kerapian yang mana dalam lapangan terlihat ketika anak selesai melaksanakan sholat berjama'ah lansung melipat mukena, dan ketika masuk ruangan selalu melepas sepatu dan merapikanya. (5) anak-anak memiliki jiwa untuk taat dalam beribadah dalam pelaksanaanya terlihat pada pengaturan jadwal pelajaran yang disesuaikan dengan waktu sholat fardhu sehingga anak-anak lansung pergi ke masjid ketika terdengar suara adzan. (6) anak-anak memilki rasa peduli terhadap orang lain yaitu ketika anak melakukan kesalahan terhadap temanya mereka langsung minta maf, selain itu anak-anak juga membuatkan minum ketika adatamu yang datang berkunjung. (7) dan yang terakhir adalah rasa keberanian juga dimilki oleh anak-anak dengan membiasakan anak tampil didepan kelas, ceramah, muhadharah sehingga keberanian anak terbentuk.Kendala-kendala yang dihadapi yaitu, heterogenitas kecerdasan anak, terbatasnya tenaga pengajar dalam mendampingi anak, minimnya sarana prasarana, kurangnya pendampingan orangtua ketika dirumah sehingga hal-hal yang sudah terlaksana disekolah belum tentu terlaksana dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maragustam Siregar, MA
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Nov 2015 13:55
Last Modified: 04 Nov 2015 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum