PENDIDIKAN PRENATAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN POTENSI ANAK DALAM ISLAM

SITI FAJARSARI, NIM. 02471364 (2007) PENDIDIKAN PRENATAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN POTENSI ANAK DALAM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN PRENATAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN POTENSI ANAK DALAM ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN PRENATAL SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN POTENSI ANAK DALAM ISLAM)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Siti Fajarsari. Pendidikan Prenatal Sebagai Sarona Pengembangan Potensi Anak Dalam /!;/am. Mendidik adalah upaya meningkatkan harkat dan martabat manusia, sesuai dengan manusianya. Upaya peningkatan harkat dan martabat tersebut, betapapun mutunya, cara, metode, teknik dan strategi dan kesungguhan yang digunakan untuknya, tidak akan mungkin m~ncapai hasil yang lebih tinggi daripada martabat atau derajat manusia sebagai manusi~. Oleh karena itu ptmdidikan adalah usaha sadar yang diselenggarakan berlandaskan nilai tertentu untuk membimbing, mengajar, melatih dan membina peserta didik agar ia dapat meningkatkan, mengembangkan dan mepyalurkan dengan benar segenap potensi jasmani, rohani, akal pikir dan hawa nafsunya sehingga ia dapat hidup lebih puas dan baik, produktif dan be1tanggung jawab secara moril dalam rangka r.1ernenuhi kebutuhan dirinya. Menurut Islam pcndidikan anak dimulai ketika anak tersebut masih dalam kandungan ibunya, atau bahkan sernenjak seorang suami memilih calon . istrinya. Pendidikan anak 3angat diupayakan sedini mungkin diharapkan agar kelak menjadi investasi unggul bagi gl!nerasi yang akan datang. Pendidikan anak dalam kandungan memiliki metode sama halnya dengan mendidik anak setelah lahir. Metode mendidik anak dalam kandungan khusus dirancang bukan untuk menjadikan anak dalam kandungan pandai, tetapi untuk menstimulasi anak dalam kandungan. Oleh karena ittl metode yang digunakan disusun dan diterapkan melalui ibu yang sedang mengandung. Materi mendidik anak dalam kandungan disesuaikan dengan background atau Jatar belakang pendidikan orang tuanya. Jadi, semua materi pelajaran agama Islam, dapat dijadikan materi dalam pendidikan anak dalam kandungan. Anak yang masih dalam kandungan memiliki potensi-potensi yang sudah dapat dikembangkan antara lain: Pertama, Potensi Jasmaniyah terdiri dari; Potensi Fisik (tubuh), Potensi Indrawi, Kedua, Potensi Rohaniyah. Upaya yang dilakukan dalam pengemb.mgan potensi anak dalam kandtmgan ~• aitu jasmaniyah dengan menjaga kesehatan ibu yang sedang hamil dan memperhatikan apa saja yang dimakan agar tidak mencelakakan anak yang dalam kandungan. Hal-hal yang dikhawatirkan membahayakan anak yang dalam kandungan harus dihindari dari sekarang agar anak yang dilahirkan kelak lallir dengan nonnal serta sehat jasmani dan rohaninya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Nov 2015 14:38
Last Modified: 04 Nov 2015 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum