UPAYA ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK AUTIS (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)

SITI FARIHAH, NIM. 01470753 (2007) UPAYA ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK AUTIS (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK AUTIS (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK AUTIS (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

SITI FARIHAH. Upaya Orang Tua Dalam Mendidik Anak Autis (Perspektif Pendidikan Islam). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya orang tua dalam mendidik anak autis, dalam proses perkembangan motorik, komnnikasi, sosial dan kognitif serta bagaimana metode orang tua dalam menumbuhkan perkmbangan motorik, komunikasi, sosial dan kognitifanak autis perspektifpendidikan lslarn. Penelitian ini merupakan penelitian kuaitatif yang apabila dilihat berdasar jenisnya merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder. Analisis data menggunakan metode deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan: l) Untuk mendidik perkemlJangan anak autis, orang tua memberikan terapi-terapi khusus pada empat perkembangan anak autis yaitu; a). Terapi okupasi berguna untuk perkembangan motorik. b) Terapi wicara berguna untuk pekembangan komunikasi. c) Terapi wicara adalah pemberian stimulus tertentu yang mendorong anak untuk berbicara. Disini anak dipaksa berbicara kata demi kata, sampai bisa dilatih untuk berdialog atau berkomunikasi.. d) Sosialisasi dengan menghilangkan perilaku yang tidak wajar ini berguna untuk perkembangan sosial. d) Terapi edukasi berguna untuk perkembangan kognitif. 2) Untuk menumbuhkan empat perkembangan diatas, orang tua menggunakan metode; a) Reward dan punishment Metode ini digunakan untuk menjalankan terapi edukasi. b) Pembiasaan. Metode ini digunakan untuk menjalankan terapi wicara. c) Cerita. Metode cerita untuk anak autis adalah social story. d) Individual. Metode ini dugunakan untuk terapi edukasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Nov 2015 14:45
Last Modified: 04 Nov 2015 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum