PROFESIONALISME GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTSN PRAMBANAN SLEMAN

CHOIRUL WARDAFI, NIM. 02421000 (2007) PROFESIONALISME GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTSN PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTSN PRAMBANAN SLEMAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTSN PRAMBANAN SLEMAN)
BAB II,III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Choirul Wardati, Profesionalisme Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa MTsN Prambanan Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII dan IX MTsN Prambanan Sleman, dan tingkat profesionalisme guru bahasa Arab kelas VIII dan IX MTsN Prambanan Sleman, serta untuk mengetahui perbedaan minat siswa kelas VIII dan IX MTsN Prambanan Sleman dalam bel ajar bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX, guru bahasa Arab kelas VIII dan IX, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus "t Test", dan persyaratan analisa data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: 1 ). Tingkat minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Prambanan Sleman rendah, ditunjukkan dengan data 77,8 % atau 35 siswa berada pada kategori minat rendah. Kemudian tingkat minat belajar bahasa Arab siswa kelas IX MTsN Prambanan Sleman sedang, yaitu ditunjukkan dengan data 51,6% atau 23 siswa. 2). Tingkat profesionalisme guru bahasa Arab kelas IX MTsN Prambanan Sleman cukup. Sedangkan 3). Adapun perbedaan antara rninat belajar siswa kelas VIII dan IX adalah positif., berdasarkan basil hipotesis dinyatakan t observasi lebih besar dari t tabel (-1,771 > 1,645) maka hipotesis nihil (Ho) ditolak yang menyatakan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara minat belajar bahasa Arab kelas VIII dan minat belajar kelas IX, kemudian hipotesis altematif (Ha) diterima yaitu menyatakan adanya perbedaan yang signifikan minat belajar siswa kelas VIII dan rninat belajar kelas IX. Dengan demikian perbedaan minat. Dengan demikian perbedaan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII dan IX mempunyai perbedaan yang signifikan yaitu dipengaruhi oleh tingkat profesionalisme guru bahasa Arab yang berbeda juga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Maksudin, M.Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Nov 2015 16:08
Last Modified: 06 Nov 2015 16:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum