PENGARUH RASIO PROFIT ABILITAS, RASIO LEVERAGE DAN RASIO PASAR TERHADAPPERUBAHANHARGASAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)

IZZATUL ISLAMIYAH, NIM. 02391590 (2007) PENGARUH RASIO PROFIT ABILITAS, RASIO LEVERAGE DAN RASIO PASAR TERHADAPPERUBAHANHARGASAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RASIO PROFIT ABILITAS, RASIO LEVERAGE DAN RASIO PASAR TERHADAPPERUBAHANHARGASAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RASIO PROFIT ABILITAS, RASIO LEVERAGE DAN RASIO PASAR TERHADAPPERUBAHANHARGASAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penentuan harga saham setiap perusahaan yang ada di Jakarta Islamic Index (JII) selalu berubah menurut waktu. Hal ini menunjukkan sifat dinamik dari harga saham. Sebagian teori mengatakan bahwa perubahan harga saham terjadi akibat adanya perbedaan antara jumlah penawaran jual (supply) dan jumlah penawaran beli (demand), dan ada pula pengaruh dari internal perusahaan tersebut yang mengak.ibatkan adanya penambahan dan pengurangan jumlah dari supply dan demand yang ada. Banyak faktor internal yang mempengaruhi perubahan harga saham. Return on investment (ROI), debt to equity ratio (DER) dan price earning ratio (PER) adalah sebagian dari faktor internal perusahaan yang menjadi salah satu informasi dan dijadikan tolok ukur untuk penilaian saham dan keputusan investasi bagi investor. Dengan alasan tersebut di atas, pcnyusun tertarik untuk menganalisis bagaimana sebagian faktor-faktor internal tersebut dapat mempengaruhi perubahan harga saham. Faktor-faktor yang dimaksud dalam penelitian ini adalah ROI, DER, dan PER baik berpengaruh secara parsial maupun secara simultan (bersama-sarna ). Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), karena data-data yang diperoleh berasal dari data sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, untuk memperoleh sampel yang representative, yaitu terdapat 11 perusahaan yang konsistcn sclama 4 tahun (2002 s/d 2005) dan mencrbitkan laporan keuangan setiap tahunnya. Dari laporan keuangan perusahaan, data diolah dan diuji dengan regresi linear berganda. Data olahan tersebut kemudian dijelaskan sesuai dengan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta mengidentifikasikan hubungan antara variabel satu dengan yang lainnya. Berdasarkan metode yang digunakan, maka penyusun mendapatkan hasil bahwa faktor internal (variabel ROI, DER dan PER) yang diindikasikan berpengaruh, hanya satu yang tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap perubahan harga saham (return) yaitu debt to equity ratio (DER) dengan tingkat probabilitas 0,251>0,05. Secara bersama-sama (simultan) variabel-variabel terse but berpengaruh secara positif signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunarsih S.E, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: return on investment (ROI), debt to equity ratio (DER), price earning ratio (PER), perubahan harga saham
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Nov 2015 15:34
Last Modified: 04 Nov 2015 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum