ANALISIS KUALITAS TES TERTULIS UJIAN SEKOLAH PAI SMA N 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2005/2006

EDI SUTRISNO, NIM.03410026 (2006) ANALISIS KUALITAS TES TERTULIS UJIAN SEKOLAH PAI SMA N 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS TES TERTULIS UJIAN SEKOLAH PAI SMA N 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS TES TERTULIS UJIAN SEKOLAH PAI SMA N 1 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)

Abstract

Analisis Kualitas Tes Tertulis Ujian Sekolah PAl SMA N I Purworejo Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tes tertulis Ujian Akhir Sekolah bidang studi Pendidikan Agama Islam yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Purworejo pada tahun pelajaran 2005/2006. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa muslim kelas XII peserta Ujian Sekolah tahun pelajaran 2005/2006 sebanyak 293 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Probability Sampling/randon sampling) dengan sistem undian. Ukuran sam pel ditentukan degan menggunakan taraf kesalahan 10%. Berdasar ketentuan dari Isaac dan Michael, jumlah sampel yang diambil adalah sejumlah 143 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis yang dilakukan meliputi analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi distraktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 45 butir soal tes objektif: 1) 32 butir soal tes dinyatakan valid, 8 butir soal tes dinyatakan invalid, dan 5 butir soal valid pada taraf signifikansi 5% tetapi invalid pada taraf signifikansi I%. 2) 45 butir soal pilihan ganda termasuk dalam kategori un-reliabel. 3) 24 butir item temasuk dalam kategori terlalu mudah, 9 butir soal termasuk dalam kategori terlalu sukar dan 12 butir soal termasuk dalam kategori cukup/sedang. 4) 2 butir soal termasuk dalam kategori good, 19 butir item termasuk dalam kategori satisfactory, 21 dalam kategori poor, dan 2 butir soal bertanda negative yang berarti sangat jelek. 5) terdapat 142 distraktor yang tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan terdapat 38 distraktor yang dapat menjalankan ftmgsinya secara baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Nov 2015 14:27
Last Modified: 06 Nov 2015 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum