STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA KELAS III YANG BERASAL DARI KELAS TAKHASUS DAN KELAS III BUKAN TAKHASUS DI MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA

DIAN GEVMALA PUTRI, NIM. 01420621 (2007) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA KELAS III YANG BERASAL DARI KELAS TAKHASUS DAN KELAS III BUKAN TAKHASUS DI MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA KELAS III YANG BERASAL DARI KELAS TAKHASUS DAN KELAS III BUKAN TAKHASUS DI MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA KELAS III YANG BERASAL DARI KELAS TAKHASUS DAN KELAS III BUKAN TAKHASUS DI MADRASAH ALIYAH IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di pondok pesantren lbnul Qoyyim yogyakarta Pengajaran bahasa Arab selain menjadi bagian dari kurikulum juga menjadi salah satu bahasa wajib dalam komunikasi sehari-hari, sehingga pengajaran bahasa Arab itu sendiri menjadi sangat penting. Oleh karena itu, adanya perbedaan asal sekolah pada tingkat SMP/MTs tentu sangat mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab siswa. Dengan alasan agar tercipta pembelajaran yang efektif maka pondok pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta menjembatani masalah ini dengan mengadakan program kelas takhasus di mana siswa yang berasal dari SMP/MTs bukan pondok yang tentu saja tidak memenuhi kualiftkasi ketika mengikuti ujian masuk MA Ibnul Qoyyim harus menempuh program kelas takhasus tersebut selama l tahun. Dalam skripsi ini, penulis ingin membandingkan prestasi belajar bahasa Arab siswa yang berasal dari kelas takhasus dan bukan takhasus serta faktor pendukung dan penghambat prestasi belajar bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, untuk menjawab pennasalahan tersebut penulis menggunakan metode analisis kuantitatif berupa analisis data statistik dengan menggunakan rum us tes "t". Adapun basil yl1Ilg dkapai, yaitu, tiJal aJa vc• LcJi:icm y<mg :siguiftkan pada prestasi belajar bahasa Arab antara variable X (siswa kelas III yang bukan bcrasal dari kclas takhu.WJ) dcngan vaflaLic Y ( ~i~wa kde:ts Ill yang b~rasal dar! kelas takhasus) yaitu dibuktikan dengan to 0,138 yangjauh lebih kecil dari tt baik pada taraf signifikansi 5% (2,18) maupun pada taraf signifikansi 1% (3,06) dengan df sebesar 12. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa, adanya perbedaan asal sekolah tingkat SMP/MTs pada siswa kelas Ill MA Ibnul Qoyyim Putri yang diteliti prestasi belajar bahasa Arabnya setelah menempuh program kelas takhasus selama 1 tahun maka siswa kelas III yang berasal dari SMPIMTs bukan pondok tersebut telah mampu menyesuaikan kemampuannya dalam meraih prestasi belajar bahasa Arab di MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. H. A. Janan Asifudin, M. A
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Nov 2015 16:27
Last Modified: 06 Nov 2015 16:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18145

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum