ISLAM DAN PERAN POLITIK PEREMPUAN (Studi Terhadap Partai Keadilan Sejahtera Daerah lstimewa Yogyakarta Pasca Pemilu 2004)

NUR FAIZIN, NIM. 02371477 (2007) ISLAM DAN PERAN POLITIK PEREMPUAN (Studi Terhadap Partai Keadilan Sejahtera Daerah lstimewa Yogyakarta Pasca Pemilu 2004). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAM DAN PERAN POLITIK PEREMPUAN (Studi Terhadap Partai Keadilan Sejahtera Daerah lstimewa Yogyakarta Pasca Pemilu 2004))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (ISLAM DAN PERAN POLITIK PEREMPUAN (Studi Terhadap Partai Keadilan Sejahtera Daerah lstimewa Yogyakarta Pasca Pemilu 2004))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Dalam masyarakat yang patriarkhis, percmpuan selalu mendapatkan pcrlakuan yang kurang adiL selalu terpinggirkan. tcrmasuk dalam bidang politik. Menjelang Pemilu 2004 issu politik perempuan merupakan salah satu issu yang sangat santer dibicarakan. Salah satu buktinya adalah dicamtumkannya persoalan kuota 30 % dalam UU Pemilu sebagai usaha untuk meningkatkan peran politik perempuan. Pemilu tahun 2004 kini telah lewat, isu tentang politik pcrempuan, kini tak terdengar lagi gaungnya. Apakah itu berarti sudah tidak ada masalah lagi tentang politik perempuan?, Islam sebagai agama rahmatan li l alamin, yang hendak membebaskan manusia dari segala bentuk ketidakadilan, ternyata dalam kcnyataannya, teks-teks ajaran Islam rnenurut beberapa kalangan, ditafsirkan secara bias jender dan digunakan untuk melanggengkan ketidakadilan kepada perempuan. Dengan menggunakan pendekatan normatif dan sosiologis, secara induktif penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mcngenai konsep Islam dan peran politik perempuan dan bagaimana realitas yang terjadi di dalam PKS. Seberapa besar kesernpatan dan tantangan politik perernpuan di dalam partai terse but? Sebagai penel it ian lapangan (field research) yang berusaha rnenggali data-data yang berkaitan dan merniliki relevansi dengan o~jek pembahasan di lapangan, data :ang diperolch dalam penelitian ini dikategorikan menjadi dua; yakni, data primer. adalah data-data yang bcrhubungan dengan konscp dan gambaran riil di lapangan peran politik perempuan PKS Daerah lstimewa Yogyakarta yang berasal dari ketcrangan infonnan ataupun dokumcn partai, dan data sekunder. : aitu data-data yang ada kaitannya dengan tema pembahasan yang terdapat dalam buku-buku, jurnal, dokumen, koran dan yang lainnya. Hasil dari penilitian ini menemukan bahwa PKS memaknai politik sebagai sarana dakwah. schingga aktivitas politik juga merupakan aktivitas dakwah untuk menegakkan amar rna· rlif nahi mungkar. Dalam Islam dakwah merupakan kewajiban setiap Muslim. baik laki-laki atau perempuan, dengan demikian PKS berpendapat bahwa perempuan tidak dilarang untuk aktif dalam dunia politik. Secara konseptual, bagi PKS memang tidak ada halangan bagi perempuan untuk aktif dalam dunia politik, namun untuk membuktikan bahwa konsep tersebut juga direalisasikan dalarn kenyataan. maka penyusun melakukan penelitian di PKS DIY. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa PKS DIY memberikan kesempatan yang cukup bcsar kepada kaum perempuan untuk berkiprah di dunia politik dengan menciptakan sistem yang peka terhadap perempuan dan kondisi yang kondusif bagi kaum perempuan, sehingga perempuan tidak akan menemui banyak kendala dalam kiprah politiknya. Secara struktural, tidak banyak kendala bagi perempuan yang aktif di PKS DIY. Namun yang sering dihadapi oleh para aktivis perempuan adalah kendala kultural, baik berkaitan dengan diri perempuan dalam keluarga, atau kultur masyarakat yang patriarkhis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. AHMAD YANI ANSHORI
Uncontrolled Keywords: Politik perempuan
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Nov 2015 08:13
Last Modified: 12 Nov 2015 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum