PROGRAM PENGEMBANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMP LABSCHOOL JAKARTA

FUTHIA JIHADI AGUSTIA, NIM. 03410087 (2007) PROGRAM PENGEMBANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMP LABSCHOOL JAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PENGEMBANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISW A DI SMP LABSCHOOL JAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PENGEMBANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISW A DI SMP LABSCHOOL JAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

FUTHIA JIHADI AGUSTIA. Program Pengembangan Bimbingan dan Konseling dengan Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Labschool Jakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Labschool Jakarta Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk memberi masukan dalam pengembangan bimbingan dan konseling dengan pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa SMP Labschool Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan rnengambil latar di SMP Labschool Jakarta Pengurnpulan data dilakukan dengan rnengadakan wawancara, observasi dan dokurnentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif-analitik, yaitu mendeskripsikan hasil penelitian kemudian menganalisa semua hal yang menjadi fokus dari hasil penelitian ini. Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa: (1) Program birnbingan dan konseling dalam menangani kenakalan yang timbul di SMP Labschool Jakarta diberikan kepada siswa langsung dari guru bimbingan dan konseling dalam rnernberikan bantuan dan arahan dalam masa perkembangannya baik pada rnasalah pribadi, masalah sosial ataupun masalah akademis yang dialami siswa di sekolah. Deskripsi kenakalan siswa, kenakalan yang timbul di SMP Labschool Jakarta tergolong rnasih wajar, dirnana kenakalan tersebut kenakalan yang bersifat sosial, misalnya saja terhadap pelanggaran tata tertib sekolah dan masalah sosial, bukan kenakalan yang bersifat pelanggaran hukurn. (2) Bentuk kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa sebagai berikut: secara preventif, rnelalui pendekatan psikologis dan melalui pendekatan keagamaan. Secara kuratif, layanan konseling terhadap siswa yang bermasalah dilakukan secara psikologis yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dengan pendekatan persuasive. Sedangkan secara keagamaan, guru agama Islam melalui pendekatan emosional dan fungsional, dimana siswa yang bermasalah diberikan penanganan dan pengarahan dengan pernberian ayat-ayat al-Qur'an untuk ditulis serta rnernbaca dan siswa diajak untuk berfikir kemudian mernahami dan menghayati makna ayat tersebut. Secara preservatif, bentuk perneliharaan ini dengan cara mengamati, rnernperhatikan, rnernantau dan rnernbina siswa pada urnumnya, khususnya terhadap siswa yang sudah pernah bermasalah dan rnendapatkan layanan dan birnbingan, sehingga siswa tersebut selalu terkontrol dan terjaga perubahannya. (3) Faktor penunjang dan penghambat, faktor penunjang sebagai berikut: kornunikasi dengan orang tua siswa yang baik, kerjasama dengan berbagai elernen sekolah, koordinasi dengan guru agama Islam dan wali kelas, dan kesadaran dari siswa yang bermasalah. Faktor penghambat sebagai berikut: psikologis siswa yang cenderung tertutup, kurang cooperative dari sebagian orang tua siswa bermasalah, serta ketidak sesuaian pola bimbingan yang diterapkan di sekolah dengan di rurnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:42
Last Modified: 11 Nov 2015 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum