HANAFI, NIM. 01410872 (2007) PEMBINAAN AKHLAK DALAM PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN (PPK) (STUDI PADA JURUSAN TADRIS MIPA FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PEMBINAAN AKBLAK DALAM PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN (PPK) (STUDI PADA JURUSAN TADRIS MIP A FAKULTAS TARBIYAH ILLN SLJ:LLAN KALIJAGA Y OGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (PEMBINAAN AKBLAK DALAM PROGRAM PENDAMPINGAN KEAGAMAAN (PPK) (STUDI PADA JURUSAN TADRIS MIP A FAKULTAS TARBIYAH ILLN SLJ:LLAN KALIJAGA Y OGYAKARTA))
BAB II, III.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
Abstract
HANAFI. Pembinaan akhlak dalam Program Pendampingan Keagamaan (PPK) (Studi pada Jurusan Tadris MIPA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis pola pembinaan akhlak yang diterapkan dalam program PPK Tadris MIPA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta T.A.2005/2006 serta kendala-kendala dalam prosesnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan positif bagi pihak pengelola program PPK serta sebagai sumbangan pemikiran dan dokumentasi bagi alternatifantisipatif dalam mempelajari dan membenahi kondisi pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar PPK Tadris MIPA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penghimpunan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, kemudian memilah menjadi sesuatu yang dapat dikelola, mensintesiskanya, mencari dan menemukan pola, sesuatu yang urgens dan apa yang dapat dipelajari. Selanjutnya memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Untuk keabsahan data dan kredibilitas hasil penelitian dilakukan dengan teknik keikut sertaan. Hasil penelitian menunjukan: PPK dalam melakukan pembinaan akhlak, menerapkan pola halaqah melingkar sebagai media utama dalam pembinaanya, diperkuat program-program suplement tambahan sebagai media pendukung. Halaqah PPK merupakan lingkaran-lingkaran kecil yang berjumlah 20 kelompok, terdiri dari rata-rata 1-9 orang peserta mahasiswa pendampingan dan dipimpin oleh seorang Tutor yang disebut dengan Mahasiswa Pendamping (MP). Kelompok kecil halaqah PPK ini melakukan proses pembinaan dan transfer of knowledge and veleu. Suplement penunjang adalah upaya tambahan untuk melakukan akselerasi pencapaian tujuan PPK dan diharapkan lebih komprehensif terhadap media utama serta sebagai wahana aplikasi secara empirik terhadap teori dan nilai yang diberikan dalam halaqah PPK. Sehingga untuk mengakomodir hal itu, program suplement diwujudkan dalam bentuk Acievement Motivation Training (AMT), MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) dan Outbond. Dengan pola tersebut program ini berusaha mensinergiskan potensi dan kemampuan peserta dengan melakukan tarbiyah fikriyah (kognitit), tarbiyah ruhiyah (apektit) dan tarbiyahjasadiyah (psikomotorik) sekaligus. Kendalakendala yang dihadapi dalam penyelenggaraanya adalah: (1) Benturan waktu antara MP dan peserta dalam penentuan jadwal rutin halaqah PPK, sehingga beberapa kelompok pendampingan cukup kesulitan menemukan kesepakatan waktu. (2) Pemahaman kegamaan peserta yang tidak merata, disebabkan beragamnya latar belakang pendidikan. (3) Isu-isu negatif dari pihak-pihak yang phoby terhadap eksistensi PPK di UIN Sunan Kalijaga. (4) Adanya MP yang kurang amanah, sehingga terbengkalainya beberapa kelompok-kelompok halaqah PPK. (5) Seringnya sebagian MP tidak menghadiri undangan koordinasi dan up-grade, sehingga beberapa informasi terputus serta pemahaman dan skill ke-MP-an yang kurang merata.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Drs. H. Muchammad Asrori, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 13:51 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 13:51 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18215 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |