NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-'ASHR DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN M.QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH)

CHOIRUNNISA SIREGAR, NIM. 0441079803 (2007) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-'ASHR DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN M.QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-'ASHR DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN M.QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT AL-'ASHR DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN M.QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Nilai-nilai Pendidikan yang terdapat dalam surat al-'Ashr kaitannya dengan penafsiran M.Quraish Shihab, serta bagaimana relevansinya dalam hal pelaksanaan dan upaya peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (libarary research), dengan teknik pengumpulan datanya yang dilakukan melalui dokumentasi. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif-filosofis. Artinya pembahasan yang ada dalam penelitian ini mengacu kepada konsep yang ada dalam al-Qur'an dan al-Sunnah berdasarkan atas basil penafsiran dari M.Quraish Shihab. Sedangkan pendekatan filosofis, dipakai untuk mengungkap nilai-nilai serta hikmah yang terkandung dalam surat al' Ashr tersebut. Adapun analisis datanya secara kualitatif dilakukan dengan instrumen analisis deduktif-induktif. Metode deduktif ditempuh untuk mengungkap atau men-generalisasikan nilai-nilai pendidikan dalam surat al-'Ashr sebagaimana terdapat dalam kitab Tafsir alMisbah yang merupakan pokok-pokok pemikiran atau hasil penafsiran dari M.Quraish Shihab, sehingga dapat diperoleh kesimpulan yang utuh. Sedangkan metode induktif dipergunakan untuk mengambil nilai-nilai pendidikan tersebut untuk selanjutnya dikembangkan ke dalam kerangka umum nilai-nilai pendidikan Agama Islam. Berdasarkan kajian atas penafsiran M.Quraish Shihab tentang surat al ‘Ashr dan menganalisisnya dengan mempergunakan teori Benyamin S.Bloom tentang ranah penilaian pendidikan (kognitif, afektif dan psikomotorik), didapatkan basil penelitian sebagai berikut: (1), Unsur keimanan dalam surat al 'Ashr itu menempati nilai kognitif (pengetahuan) dalam ranah penilaian pendidikan. (2), Unsur amal saleh menempati nilai psikomotorik (keterampilan) dalam ranah penilaian pendidikan. (3), Saling nasehat menasehati dalam kesabaran dan juga dalam kebenaran menempati nilai afektif (sifat) dalam ranah penilaian pendidikan. Iman sebagai nilai kognitif, amal saleh sebagai nilai psikomotorik dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran sebagai nilai afektif sejatinya sangat potensial untuk mengembangkan pendidikan Islam. Oleh karena itu, nilai-nilai yang terkandung dalam surat al-'Ashr itu yang meliputi nilai kognitif, afektif dan juga psikomotorik harus direlevansikan yakni dalam proses pendidikan yang berlangsung sehingga tujuan pendidikan Islam itu sendiri akan lebih kokoh dan lebih berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Muchammad Asrori, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan dalam Surat al-'Ashr, Pemikiran M.Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:11
Last Modified: 11 Nov 2015 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum