KOLABORASI MODEL SALAFY DAN KHALAFY DALAM PENDIDIKAN PESANTREN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP UPAYA PENINGKATAN MUTU SANTRI (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH PP AL-I'ANAH PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)

LUTFI HAKIM, NIM. 01410595 (2007) KOLABORASI MODEL SALAFY DAN KHALAFY DALAM PENDIDIKAN PESANTREN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP UPAYA PENINGKATAN MUTU SANTRI (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH PP AL-I'ANAH PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOLABORASI MODEL SALAFY DAN KHALAFY DALAM PENDIDIKAN PESANTREN DAN IMPLIKASINY A TERHADAP UPA YA PENINGKA TAN MUTU SANTRJ (STUDI KASNS DI MADRASAH DINIYAH PP AL-L'ANAH PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (KOLABORASI MODEL SALAFY DAN KHALAFY DALAM PENDIDIKAN PESANTREN DAN IMPLIKASINY A TERHADAP UPA YA PENINGKA TAN MUTU SANTRJ (STUDI KASNS DI MADRASAH DINIYAH PP AL-L'ANAH PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

LUTFI HAKIM. Kolaborasi Model Salafy .dan Khalafy dalam Pendidikan Pesantren dan Implikasinya Terhadap Upaya Pendingkatan. Mut.u. San.tri. (Studi Kasus di Madra:Sall Diniyab PP Al-I'anah Playen Gunungkidul Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami secara mendalam mengenai model pendidikan. sistem pendidikan pesantren pada upaya peningkatan mutu santri serta implikasi dari kolaborasi model pendidikan salafi dan khalafi terhadap upaya peningkatan mutu santri tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik dengan mengambil latar di Madrasah Diniyah PP Al-I'anah Playen Gunungkidul Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model anatisis interaktif, yakni pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan kemudian ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Implikasi dari model pendidikan pesantren dengan kolaborasi model salafi dan khalafi di Madrasah Diniyah PP Al-I'anah Playen Gunungkidul Yogyakarta adalah dengan mengkolaborasikan model salafi dengan khalafi, baik pada kurikulum terutama materi ajar maupun metode pengajaran, maka Mad.rasah Diniyah Al-I'anah Playen masih diakui eksistensinya ditengah-tengah masyarakat, sebab santri akan tetap mampu menguasai materi salafi yang berupa kitab kuning namun juga memperoleh. materi kontemporer keduanya peningkatan mutu santri yang dilakukan di Madrasah Diniyah PP A-I'anah Playen Gunungkidul Yogyakarta. Tes masuk madrasah. (placement test), praktek mengajar (PM), pemhuatan karya ilmiah (tugas akhir), halaqah. bah.s al-mastjil al-h.adisah (musyawarah pembahasan. masalah-masalah terkini), pemberian penghargaan kepada san.tri berprestasi dan beberapa program reguler lain, seperti latihan khitabah. (latihan pidato 4 bahasa: bahasa Arab, Jawa, Inggris dan Indonesia), tibaiyyah (bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan lagu atau nada), membaca tahlil, halaqah alta 'lim atau majlis ta'lim,. sowgan ki.tab dan Al.-Qur'an,. daurah ilmiah dan kajian. tematik..selain itu, metode yang digunakan para ustadz di Madrasah Diniyah Al-l'anah Playen juga bervariasi, tidak hanya terdiri dari metode bandongan dan sorogan saja melainkan juga metode musyawarah, muh.awarah. (bercakap-cakap), rihlah 'ilmiyah (studi banding)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sumedi, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2015 15:21
Last Modified: 11 Nov 2015 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum