KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDIT LUKMAN AL HAKIM YOGY AKARTA

ISNIATI, NIM. 02411304 (2007) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDIT LUKMAN AL HAKIM YOGY AKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDIT LUKMAN AL HAKIM YOGY AKARTA)
BAB I, IV DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDIT LUKMAN AL HAKIM YOGY AKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru PAl dalam mengelola proses pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam hal kompetensi guru demi terlaksananya proses pembelajaran PAl yang lebih baik menuju tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil Jatar Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Lukman al Hakim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik pemeriksaan triangulasi. Hasil penelitian mcnunjukkan: (1) Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh Guru PAl dalam mengelola proses pembelajaran di SDIT Lukman al Hakim dalam kondisi sebagai berikut a) Guru di SDlT sudah melakukan persiapan mengajar sebelum memasuki kelas, yang dituangkan dalam Rancangan Pembelajaran (RP) yang memuat kompetensi dasar, basil belajar, indikator, materi pokok dan langkah pembelajaran. namun persiapan yang dilakukan belum optimal, mengingat adanya beberapa hal penting yang tidak menjadi bagian dari persiapan yang dilakukan, serta belum adanya guru yang secara konsisten membuat Rancangan Pembelajaran (RP). b) Dalam hal pengelolaan pembelajaran, secara umum, Guru PAl di SDIT cukup terarah mulai dari rangkaian pembukaan, proses dan evaluasi. c) Dalam mengevaluasi basil belajar siswa, guru PAl selain berpedoman pada evaluasi yang diprogramkan oleh sekolah, guru juga melakukan evaluasi/ penilaian berbasis kelas yang meliputi, ujian harian, penugasan dan sebagainya, d) Kemampuan guru dalam mengembangkan potensi siswa adalah dengan mengikut sertakan siswa pada program tambahan yang dilaksanakan oleh sekolah, seperti Nasyid, Tahfidz. (2) Upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru adalah melalui; Seleksi calon guru yang selektif, meliputi syarat: Muslirnlah yang memiliki kejelasan Aqidah, taat dalam menjalankan ibadah, memiliki akhlak yang mulia, memiliki motivasi yang jelas dengan Islam dan dibuktikan dengan aktivitas dakwah yang dilakukan, kemarnpuan dalam membaca AI Qur'an dan minimal hafal juz 30 dari AI Qur'an, memiliki sertifikat ijin mengajar dari POSIT, lolos seleksi yang meliputi (Pengetahuan akademik, psiko test, dan wawancara), bersedia mengikuti forum rutin yang diadakan sekolah untuk mengontrol kinerja dan kondisi guru, pengetahuan keislaman, performa {etika berbusana) dan bergaul yang baik, serta amaliyah sehari-harinya, 2) KKG (Kelompok Kerja Guru) yang pelaksanaanya adalah pada setiap hari jum'at pekan pertama dan ketiga, 3) Pelatihan (Worksop, Seminar dan pelatihan) yang pelaksanaannya insidental dan belum maksimal, 4) Supervisi oleh kepala sekolah minimal satu guru satu kali selama satu tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik,Pendidikan Agama Islam, Proses Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Nov 2015 09:06
Last Modified: 16 Nov 2015 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum