PROBLEMATIKA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (STUDI KASUS DI MTS NURUL HUDA NGABLAK-CIUWAK-PATI)

RUBI'AH, NIM. 02471337 (2007) PROBLEMATIKA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (STUDI KASUS DI MTS NURUL HUDA NGABLAK-CIUWAK-PATI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (STUDI KASUS DI MTS NURUL HUDA NGABLAK-CIUWAK-PATI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (STUDI KASUS DI MTS NURUL HUDA NGABLAK-CIUWAK-PATI))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

RUBI' AI-:J. Problematika Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus Di MTs Nurul Huda Ngablak-Ciuwak-Pati). Skripsi Y O!:,')'akarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai problematika Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi dilihat dari strategi pembelajaran pada mata pelajaran P AI kelas VIII dan kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang apabila dilihat adalah merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas vrrr dan IX, Guru PAl, dan Kepala sekolah. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui Wawancara, Observasi, Dokumentasi, Kuesioner (angket). Adapun analisisnya melalui: Reduksi data, Display data, Kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kurikulum Berbasis Kompetensi belum sepenuhnya berjalan di MTs Nurul Huda baik itu pada mata pelajaran umum maupun mata pelajaran P AI sendiri. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas guru P AI mengalami kendala sehubungan dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis kompetensi ini terlihat pada saat pembelajaran di kelas kebanyakan guru PAl masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan mencatat meskipun demikian ada beberapa guru yang sudah menerapkan metode lain diantaranya adalah diskusi, tanya jawab, praktek atau demonstrasi, meskipun belum sepenuhnya berjalan dikarenakan keterbatasan yang ada. 3) Adapun yang menjadi problem pada saat guru menerapkan strategi pembelajaran antara lain adalah: Sumber Daya Manusia, Minimnya sarana dan prasarana yang ada di MTs Nurul Huda, Dana (keuangan), lnstitusi, Kultur (budaya), Media dan Fasilitas yang kurang memadai, Kurangnya persiapan baik itu guru maupun siswa membuat guru mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis kompetensi. Adapun faktor pendukung dalam peneFapan strategi pembelajaran P AI berbasis Kompetensi ini antara lain adalah: Jumlah siswa yang relatif sedikit dan juga waktu pelajaran yang lama. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya antara lain adalah : Tidak adanya buku paket yang dimiliki siswa sehingga siswa harus mencatat materi yang diberikan oleh guru dan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru sehingga untuk diajak berpikir kritis siswa mengalami kesulitan kecuali untuk siswa yang cenderung pandai. Adapun usaha yang telah dilakukan pihak sekolah maupun guru P AI sendiri antara lain : penambahan sarana dan prasarana begitu juga media dan fasilitas sekolah, guru lebih mempersiapkan diri sebelum mengajar baik itu mempelajari materi dan mempersiapkan strategi yang sesuai dengan materi dan lebih memotivasi siswa agar lebih rajin belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurrohmah
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Nov 2015 11:34
Last Modified: 16 Nov 2015 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18241

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum