STUD I KORELASI ANTARA TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERJ UNGARAN 3 YOGYAKARTA

MUHAMMAD ROSID RIDHO, NIM. 02411132 (2007) STUD I KORELASI ANTARA TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERJ UNGARAN 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUD I KORELASI ANTARA TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERJ UNGARAN 3 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (STUD I KORELASI ANTARA TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD NEGERJ UNGARAN 3 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

MUHAMMAD ROSID RIDHO. Studi Korelasi antara Tingkat Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar PAl Siswa SD Negeri Ungaran 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. 2007, Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara Tingkat Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa SD Negeri Ungaran 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri Ungaran 3 Yogyakarta y.ang beragama Islam tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 100 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Analis1s instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilltas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 26 butir angket terdapat 22 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,7567· sehingga instrument tersebut dinyatakan reliabel. Analisis ®ta meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat Kedisiphnan Siswa SD Ungaran 3 Yogyakarta tergolong sedang. 2) Prestasi Belajar PAl Siswa SD Negeri Ungaran 3 Yogyakarta tergolong Baik:. 3) Melalui Analisis Product Moment (Pearson) dengan bantuan komputer Program SPSS Versi 12.0 for windows diperoleh koefisien korelasi 0,324. Angka tersebutjika dikonsultasikan kepada "r" tabel maka .. r''hitung > "r"tabel, berarti terdapat korelasi positif yang siginifikan antara kedua variabel. Berdasarkan teori Young angka korelasi tersebut memiliki tingkat keeratan yang rendah. Hal ini menunjukk:an bahwa terdapat korelasi positif yang rendah .antara Tingkat Kedisiplinan Belajar dcngan Prestasi Belajar PAl Siswa SD Negeri Ungaran 3 Yogyakarta. 4) Melalui analisis lehih lanjut, yaitu melalui rumus detenninasi diperoleh koefisien determinasi 0,104976. Hal ini memmjukkan bahwa kontribusi yang diberikan oleh faktor tingkat kedisiplinan belajar terhadap prestasi bela jar PAl hanya sebesar 10,50% sedangkan selebihnya adalah faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.A.Miftah Baidlowi,M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 11:48
Last Modified: 16 Nov 2015 11:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum