PENGARUH LAMA DAN CARA PENYIMPANAN BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP KADAR VITAMIN C MENGGUNAKAN METODE IODIMETRI (SEBAGAI ALTERNATIF SOMBER BELAJAR KIMIA KELAS X DI SMA/MA)

AAN AMINA MUFTIA, NIM. 02441411 (2007) PENGARUH LAMA DAN CARA PENYIMPANAN BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP KADAR VITAMIN C MENGGUNAKAN METODE IODIMETRI (SEBAGAI ALTERNATIF SOMBER BELAJAR KIMIA KELAS X DI SMA/MA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LAMA DAN CARA PENYIMPANAN BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP KADAR VITAMIN C MENGGUNAKAN METODE IODIMETRI (SEBAGAI ALTERNATIF SOMBER BELAJAR KIMIA KELAS X DI SMA/MA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LAMA DAN CARA PENYIMPANAN BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) TERHADAP KADAR VITAMIN C MENGGUNAKAN METODE IODIMETRI (SEBAGAI ALTERNATIF SOMBER BELAJAR KIMIA KELAS X DI SMA/MA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berwjuan untuk mengetabui kadar vitamin C dan mengetabui ada tidaknya perbedaan kadar vitamin C pada buab pepaya yang disimpan di udara bebas dan yang disimpan dalam plastik tertutup. Proses dan basil penelitian ini dibarapkan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar kimia kelas X di SMAIMA pada Materi Pokok Reaksi Oksidasi-Reduksi Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu pengambilan sampel pertimbangan buah pepaya yang masib segar (tidak busuk) yang dibeli dari salah satu pedagang sayuran di pasar Talok Y ogyakarta. Penentuan ada tidaknya vitamin C dalam buah pepaya dilakukan melalui uji kualitatif yaitu mereaksikan sampel dengan kalium permanganat. Hilangnya warna ungu pada larutan sampel menunjukkan larutan sampel mengandung vitamin C. Penentuan kadar vitamin C dalam buah pepaya ditentukan metode titrasi iodimetri dan dinyatakan dalam mg. Berdasarkan basil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada perbedaan kadar vitamin C pada buab pepaya dengan variasi lama 0, 2, 4, 6, dan 8 jam serta variasi cara penyimpanan yang disimpan di udara bebas (32, 7635; 28,4535; 26,26; 24,24; dan 22,73)mg dan pada buab pepaya yang disimpan dalam plastik tertutup (34,174; 31,165; 28,965; 25,665; dan 24,785)mg. Hasil analisis menggunakan ANA VA AB diperoleh basil Fhitung sebesar 503,29 lebib besar dari Ftabel (2,866) pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan ada perbedaan kadar vitamin C pada berbagui variasi lama dan cara penyimpanan. Uji lanjut DMRT (Duncan's Multiple Range Test) menunjukkan ada perbedaan kadar vitamin C pada variasi lama dan cara penyimpanan buah pepaya antar kelompok. Proses dan produk penelitian ini dapat menjadi alternatif sumber belajar kimia di kelas X di SMAIMA pada Materi Pokok Reaksi Oksidasi-Reduksi karena memenuhi syaratsyarat sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Susy Yunita Prabawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Buab pepaya (Carica papaya L.), kadar vitamin C, metode titrasi iodimetri.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Nov 2015 08:53
Last Modified: 18 Nov 2015 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum