NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL " AWAL DAN AKHIR"KARYA NAGUIB MAHFOUZ DAN RELEVANSINYA DENGAN · PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

RIFA YUHANA, NIM 02411268 (2007) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL " AWAL DAN AKHIR"KARYA NAGUIB MAHFOUZ DAN RELEVANSINYA DENGAN · PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NiLAi-NiLAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL "A W AL DAN AKHIR"KARYA NAGUIB MAHFOUZ DAN RELEV ANSINY A DENGAN · PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (NiLAi-NiLAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL "A W AL DAN AKHIR"KARYA NAGUIB MAHFOUZ DAN RELEV ANSINY A DENGAN · PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

RIFA YUilANA. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel "Awal dan Akhir·· karya Naguib. Mahfouz dan Relevansinya dengan Pendidika.n Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: fakullas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2007. Pcnclitian ini bertujuan untuk mcngctahui nilai-nilai pcndidikan akhlak. yang terkandung dalam novel Awal dan Akhir, dan mengetahui relevansinya dengan Perviidikan Agama Isl(lm. Jlasi l skripsi ini diharapkan dapat memunculkan ide-ide kontruktif tcntang pentingnya kajian novel sebagai media pendidikan dan kemajuan p~mbdajaran Agcuna Islam ilu scndiri. Pcnclitian ini mcrupakan pcnclitian kualitati[ tcm1asuk dalam katcgori penelilian kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data didasarkan pada data primer dan data sekunder yang dilakukan dengan cara membaca, menelaah, meneliti dan mengumpulkan buku-buku yang berisi teori-teori dan pendapat yang terkait. Analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik content anafisys. Hasil penelitian mcnunjukkan :I). Nilai-nilai pcndidikan akhlak yang terkandung dalam novel Awal dan Akhir terdiri dari: perrama. akhlak perscorangan, meliputi larangan hersikap sombong atau takabur dan pcrintah untuk selalu memelihara kesucian diri atau iffah Kedua. akhlak dalam Agama. meliputi kewajiban manusia bersujud kcpada Tuhan YME. Ketiga. akhlak dalam kcluarga, mcliputi kcwajiban orang tua yaitu menasehati anak agar selalu berbuat benar. Adapun kewajiban anak antara lain mendoakan orang tua dengan do'a baik, membahagiakan orang tua. dan menghormati guru yang menjadi orang tua ketika kita berada di sckolah. Keempat. akhlak dalam masyarakat. meliputi kewajiban untuk saling tolong menolong, silaturahmi kcpada tetangga dan mengucap salam ketika bertemu dcngan seseorang. Kelima. akhlak dalam negara, meliputi kewajiban seorang pejabat untuk selalu menunaikan tugasnya dengan benar dan kewajiban seorang warga negara khususnya seorang pemuda harus mempunyai semangat nasionalisme yang tinggi. 2). Bentuk relevansi nilai-nilai pcndidikan akhlak dalam novel Awal dan Akhir ini dapat dilihat dari relevansinya dcngan ruang lingkup PAl yaitu hubungan manusia dengan Allah, yang ditunjukkan dengan nilai akhlak kepada Allah. Hubungan manusia dengan sesama, yang ditunjukkan dengan pendidikan akhlak terhadap keluarga. masyarakat dan negara. Hubungan manusia dengan dirinya sendiri, ditunjuk.kan dengan akhlak perseorangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H, Sumedi, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 13:40
Last Modified: 16 Nov 2015 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18259

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum