NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QURAN (Studi Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa a.s.)

RIZAL FAIZ MOHAMMAD, NIM. 03410195 (2007) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QURAN (Studi Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa a.s.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QURAN (Studi Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa a.s.))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QURAN (Studi Kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa a.s.))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Rizal Faiz M. NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM P ADA KISAH NABI KHIQIR DAN NABI MUSA A.S. DALAM Q.S. AL-KAHFI: 60-82. Skripsi. Yogyakarta : PAL Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. 2007. Penelitian ini menjelaskan nilai-nilai Pendidikan Islam yang teriapat pada kisah perjalanan nabi Musa a.s yang ingin menuntut ilmu ker.ada seorang hamba Allah yang lebih saleh dari pada nabi Miisa a.s. Banyak riwayat dari Jumhiir Mufassirln yang menyebutkan orang tersebut adalah nabi Khi4ir. Mengenai sosok nabi Khidir sebagai seorang yang aneh tidak secara jelas diberita.kan dalnm alQuran. Nilai-nilai pendidikan Islam yang dimaksud di sini adala.h: (l) Pendtdikan akhJak dan (2) Pendidikan hikrnah, yang kemudian diuraikan mengerai aplikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini dijelaskan bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kisah nabi Musa a.s rnencari ilmu dengan Khidhir dalam Q.S. Al-Kahfi : 60-82, rnerupakan bentuk dari pernbelajaran kehidupan yang rdcvan untuk konteks sekarang mengingat banyak pola-pola pendidikan yang salah arah dan misleading, yang hal itu harus segera ditangani secara Serius. Selanjutnya, dijelaskan mengenai bentuk-bentuk aplikasinya dalam Pendidtkan Agama Islam agar lebih mudah diterapkan dalam prinsip-prinsip Pendidikan Agama Islam yang berorientasi pada terciptanya sebuah kehidupan yang lebih taik. Penditian ini merupakan library research: pengumpuJan data dilak.ukan melalui metode dokumentasi, yang digali dari kitab-kitab tafsir, buku-buku, majalah, dokumen, catatan kisah-kisah dan sejarah, analisis datanya dilakukan .iengan menggunaan analisis henneneutis, serta menggunakan prinsip logika alxkktif. Untuk menganalisis data penelitian ini, penulis menggunakan pendcka1 en filn sofishenneneutis, sebagai bentuk asas hermeneutikanya menggunakan teeori ta'w11. hal ini dikarenakan kisah tersebut lebih banyak berkaitan dengan pcmaknaan suatu teks atau analog-teks terhadap bentuk simbol atau makna alegori dan metaforisnya, selanjutnya diteruskan untuk menclapatkan simpulan akhir. Basil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kisah ter~..c but membuat banyak hal yang mempunyai· relevansi dengan pendidikan khususnya pendidikan islam, diantaranya adalah pendidikan akhlak dan hikrnah. yang menarik adalah pemahaman yang mendalam mengenai sosok pengajaran nabi Khiqir kepada. muridnya, nabi Musa as. yang penuh dengan pengajaran yang kontroversial yang terkesan aneh, yang nmngkin dalam pemahamman awam dan zahir dianggap menyimpang, namun di balik itu kaya akan pendidikan akhlak dan pendidikan. hikmahnya. Dari sana dapat disimpulkan bahwa kisah tersebut. banyak. mengandung pelajaran yang sangat berarti dalam kehidupan, seperti cara mencari ilmu, muamalah akhlak kepada Allah, rasulnya, guru, sesama manusia masyarakat, dan lingktmgan sekitar. Selain itu, kisah tcrsebut juga mengandung gambaran tentang bagaimana manusia dapat menggapai tiug.katan yang tinggi dalam kehidupan ini dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah swt., yang akhimya mendapatkan suatu cahaya pcncerahan yang dapat mengctahui segala peristiwa di balik suatu kenyataan yang tetjadi, lebih-lebih berupa karunia ilham dari Allah swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR.Mahmud Arif,M,Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 14:02
Last Modified: 16 Nov 2015 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum