FA'ALIYYAH TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI ISTI'MAL AL AWRAQ AL TADRIBIYYAH LI AL TULAB FI AL SAF AL HADIY 'ASHAR MIN QIS AL 'ULUM AL IJTIMAIYYAH BI MADRASAH MAGUWOHARJO AL 'ALIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

ASLIKHATUL LATHIFAH, NIM. 11420087 (2015) FA'ALIYYAH TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI ISTI'MAL AL AWRAQ AL TADRIBIYYAH LI AL TULAB FI AL SAF AL HADIY 'ASHAR MIN QIS AL 'ULUM AL IJTIMAIYYAH BI MADRASAH MAGUWOHARJO AL 'ALIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FA'ALIYYAH TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI ISTI'MAL AL AWRAQ AL TADRIBIYYAH LI AL TULAB FI AL SAF AL HADIY 'ASHAR MIN QIS AL 'ULUM AL IJTIMAIYYAH BI MADRASAH MAGUWOHARJO AL 'ALIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (FA'ALIYYAH TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH BI ISTI'MAL AL AWRAQ AL TADRIBIYYAH LI AL TULAB FI AL SAF AL HADIY 'ASHAR MIN QIS AL 'ULUM AL IJTIMAIYYAH BI MADRASAH MAGUWOHARJO AL 'ALIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan LKS sebagai bahan rujukan utama dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Maguwoharjo, membuat peneliti ingin mengungkap: 1) mengapa LKS menjadi sumber rujukan utama dalam pembelajaran bahasa Arab, 2) bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan LKS di kelas XI IPS, dan 3) Apakah efektif pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan LKS di kelas XI IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan penggunaan LKS dalam pembelajaran di MAN Maguwoharjo, mendeskripsikan dan menganalisis tentang pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan bahan ajar LKS di kelas XI IPS MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menganalisis bagaimana pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan bahan Ajar LKS di Kelas XI IPS MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Proses pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan menggunakan empat cara yaitu: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan cara mereduksi data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Alasan utama penggunaan LKS di MAN Maguwoharjo berdasarkan keputusan MGMP DIY. Adapun alasan pendukungnya adalah LKS sangat terjangkau oleh siswa baik harga dan bentuknya, keterbatasan buku paket yang dimiliki sekolah dan LKS dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan bahan ajar LKS di kelas XI IPS diterapkan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Analisis yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa secara umum, pembelajaran tersebut terlaksana dengan baik dan lancar. (3) Secara proses, pembelajaran bahasa Arab di kelas XI IPS tergolong efektif, karena kemampuan guru dalam pengorganisasian materi sudah baik, sikap positif dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, interaksi aktif siswa serta suasana kelas yang kondusif. Adapun dari segi hasil, Pembelajaran bahasa Arab di kelas XI IPS juga dikategorikan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa XI IPS 1 adalah 75, XI IPS 2 adalah 81,70 dan XI IPS 3 adalah 87,13, sedangkan KKM pelajaran bahasa Arab adalah 70. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Bahasa Arab, LKS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, LKS, lembar kerja siswa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Nov 2015 07:45
Last Modified: 17 Nov 2015 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum