METODE PRAKTIS BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN OALAM UUKU QIROATI KARY A II. OACllLAN SALIM ZARKASYI (Analisis Materi)

HAMID ARFAN, NIM, 02421127 (2007) METODE PRAKTIS BELAJAR MEMBACA AL-QUR'AN OALAM UUKU QIROATI KARY A II. OACllLAN SALIM ZARKASYI (Analisis Materi). Diploma thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur'an Dalam Buku Qiraati Karya I l. Dachlan Salim Zarkasyi (Analisis Matcri). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Pcnelitian ini bcrtujuan untuk mcngctahui muatan matcri yang tcrkandung dalam buku Qiraati, schingga dari hasil pcnclitian ini dapat dikctahui apakah isi matcri yang tcrkandung dalam buku Qiraati tcrscbut sudah mcmcnuhi kritcria pcnyusunan textbooks bahasa Arab yang baik atau belum. Pcnclitian ini mcrupakan pcnclitian kcpustakaan (library reseuch). Pcnclitian ini bcrsifat litcrcr yang bcroricntasi pada kcrangka ilmiah sccara pragmatis (abstrak-teoritis, bukan secara empiris). Maka secara operasional, pcnulisan skripsi ini bcrdasarkan pada mctode pcnelitian kualitatif yang sumbcr pengambilan datanya berdasarkan risct kepustakaan dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah tcknik analisis isi (content analysis). Untuk rnenarik kesimpulan pada setiap akhir analisa penyusun menggunakan metode induktif dan deduktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: buku Qiraati ini mcrupakan salah satu buku teks pelajaran membaca al-Qur'an yang dilengkapi dcngan ilmu tajwid dan gharib yang hadir untuk mcnjembatani kesulitan para pembelajar al-Qur'an bagi kalangan pemula. Materi dan metode yang disajikan memenuhi kriteria syarat linguistik, non linguistik dan kcpcndidikan. l lal ini diturtjukkan dcngan adanya hubungan yang logis antara tujuan, matcri, pendckatan, mctode dan tcknik pcmbclajarannya. Dalam proses pcmbelajarannya, pcnyusun buku ini mcntargetkan siswa khatam sclama dua tahun. Target dua tahun ini, sccara rasional mcmang tidak cukup untuk mcmberikan semua matcri tcrutama yang sifatnya hafalan. Namun dcngan "mctodc praklis" ini, matcri-matcri tcrscbul diolah untuk mcngajak pembelajar mampu mcnyclesaikannya. Dan yang lcbih mcnarik lagi bahwa dalam jangka waktu dua tahun tcrscbut siswa tidak hanya mampu mcmbaca al-Qur'an dcngan baik sesuai kaidah ilmu tajwid saja (tartil), melainkan siswa juga mcnguasai ilmu gharib dan musykilat, ilmu tajwid praktis, bacaan sholat dan praktcknya scrta mcrcka mampu mcnghafal surat-sural pcndck al-Qur'an ju:r. 30 (minimal surat ad-Dhuha sampai surat an-Nas) dan do'a schari-hari. Walaupun sasaran buku ini adalah tingkat TK (anak usia 4 - 6 tahun), namun tidak mcnutup kcmungkinan bagi siapa saja untuk mcmpdajarinya. J\dapun materi yang terkandung di dalamnya cukup memcnuhi kriteriakritcria matcri buku t.cks yang baik. Hal ini tampak pada pola-pola sturktur yang tclah disajikan dari pola-pola yang scderhana mcnuju pola-pola yang rumit dan komplcks. Scdangkan kosa kata yang ada tclah disajikun bcrdasarkan psikologis didaktif. Dis.amping itu, lilihat lari cara pcnyusunannya buku tcks ini <lapat dikalcgorikan scbagai buku t1.:ks bcrjilid, yuitu tcrdiri dari cnam jilid ditambah buku juz 27, gharih dan tajwi<l. Scdangkan <litinjau dari jurnlah pcnyusunnya, buku ini dapat dikatcgorikan scbagai buku ll.!ks yang disusun olch satu orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Ors H. Syamsuddin Asyofi, M.M
Uncontrolled Keywords: pendidikan, kajian, materi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Nov 2015 15:07
Last Modified: 19 Nov 2015 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18296

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum