OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN

AVIT KURNIADNI, NIM. 01450655 (2006) OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah optimalisasi aplikasi ayat-ayat Al-Qur'an sebagai alternatif bahan ajar biologi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep materi pengelolaari lingkungan dan apa saja faktor pendukung serta penghambat dalam upaya optimalisasi aplikasi ayat-ayat Al-Qur'an sebagai a1tematifbahan ajar pada materi pengelolaan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action re.\·earch ). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. tiap siklus meliputi empat aspek pokok, yaitu; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek adalah siswa kelas VII A 1 semester II Tahun ajaran 2005/2006 SMP Muhammadiyah II Yogyakarta dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian mulai dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2006. Instrumen penelitian berupa angket, lembar observasi, soal tes tertulis dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah ana1isis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran yang menggunakan altematif bahan ajar biologi yang berisi materi yang telah diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur'an dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pengelolaan lingkungan. (2) Faktor pendukung yang ditemui selama pembelajaran dengan menggunakan altematif bahan ajar ini adalah: a. pengembangan kurikulum KBK yang memberi kesempatan pada guru untuk melakukan inovasi terhadap swnber belajar dan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran membuat optimalisasi penggunaan ayat-ayat Al·Qur'an sebagai altematif bahan ajar ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu inovasi tersebut, b. tanggapan positif guru dan siswa terhadap penggunaan altematif bahan ajar ini dalam pembelajaran biologi pada materi pengelolaan Jingkungan. Sedangkan faktor penghambat yang ditemui selama pembelajaran dengan menggunakan altematif bahan ajar ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap bahan ajar. Hal ini terlihat dari sedikitnya siswa yang mencapai skbm, meski terdapat peningkatanjwnlah siswa pada siklus II. Selain keberhasilan atau kegaga1an siswa tidak semata-mata ditentukan oleh fak.1or kemampuan yang dimilikinya, namun juga ditentukan oleh minat. perhatian dan motivasi belajar siswa. Waktu penelitian yang singkat juga merupakan penyebab kurangnya pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Paidi,M.Si
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Nov 2015 09:21
Last Modified: 17 Nov 2015 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum