PERRBEDAAN MOTIV ASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA LULUSAN MI DENGAN SD DI MTSN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA T AHUN 2006/2007

WAHYU AGUSTINA, NIM. 03420242 (2007) PERRBEDAAN MOTIV ASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA LULUSAN MI DENGAN SD DI MTSN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA T AHUN 2006/2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unmk mengetahui bagaimana motivasi belajar bahasa Arab siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah (Ml) maupun Sekolah Dasar (SD) dan bagaimana perbedaan motivasi belajar bahasa Arab antara sisw(l hilusan MT dengun SD di Ma<lrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Wonokromo Bantul Y ogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komperatif. Adapun jumlah populasi kelas II MTsN Wonokromo sebanyak 186 siswa, karena jumlah lulusan MI sebanyak 27 siswa, m<lk<l diambil sampel dari lulusan SO sebanyak 27 siswa sesuai jum hlh siswa lulmmn ML Mctuut:: pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Anulisis yang diguuakan adalah rumus persentas~ dan 1tji T H:.wil pc11clltian m¢nuqjukkan bahwa: (1) Siswa lulusan MI maupun lulusan SU kelas II MTsN Wonokromo mempunyui motivasi yang ~ukup dalam beiajar bahasa Arab. (2) Hasil perhitungan tes "t'' dapat cliperoleh Me~n kelompok siswu iuiusan MI sebesar 114,852 dan Mean unmk kelompok siswa lulusan SD sebesar 107 ,296. dari keduanya maka diperoleh Standar Error Mean sebesar 2,545 dari kelompok siswa lulusan MI dan 2,341 dari kelompok lulusan SD. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh Standar Error Perbedaan Dua Mean Kelompok sebesar 3,458. sehingga diperoleh t 0 sebesar 2,185 > ttabel sebesar 2,01 pada taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis altemativ (Ha) yang diajukan "diterima'', sedangkan Hipotesis nihil (Ho) "ditolak" pada taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa lulusan MI dengan SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: pendidikan, bahasa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Nov 2015 09:59
Last Modified: 17 Nov 2015 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18322

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum