STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA PENGURUS OSIS DENGAN SISWA NON-PENGURUS OSIS DI MAN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2006/2007

MOHAMAD MAGHFUR, NIM. 02411384 (2007) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA PENGURUS OSIS DENGAN SISWA NON-PENGURUS OSIS DI MAN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA PENGURUS OSIS DENGAN SISWA NON-PENGURUS OSIS DI MAN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2006/2007)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA PENGURUS OSIS DENGAN SISWA NON-PENGURUS OSIS DI MAN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2006/2007)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar komparasi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa pengurus OSIS dengan siswa non-pengurus OSIS di MAN Kebumen 2 tahun pelajaran 2006/2007. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa MAN Kebumen 2 tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 832 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Dari populasi tersebut diperoleh sampel sebanyak 60 siswa yang terbangi menjadi 2 kelompok yang akan dikomparasikan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes dan wawancara. Adapun analisis datanya menggunakan teknik analisis komparasional bivariat. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Tingkat prestasi belajar PAI siswa pengurus OSIS MAN Kebumen 2 tahun pelajaran 2006/2007 termasuk ke dalam kategori sedang. 2) Tingkat prestasi bela jar P AJ siswa non-pengurus OSIS MAN Kebumen 2 tahun pelajaran 2006/2007 juga termasuk ke dalam kategori sedang. 3) Dengan demikian prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa pengurus OSIS dengan siswa non-pengurus OSIS MAN Kebumen 2 tahun pelajaran 2006/2007 tidak terdapat perbadaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya harga harga to < tt baik pada taraf signifikan 1% maupun 5%. Tidak adanya perbedaan yang signifikan tersebut ditentukan dari basil to sebesar = -0,391. Harga tersebut lebih kecil dibandingkan harga df = 60 pada taraf signifikan 5% sebesar 2,00 atau pada taraf signifikan 1% sebesar 2,65. Kesimpulannya, bahwa latar belakang siswa yang berstatus sebagai pengurus OSIS tidak selalu menunjukkan pengaruh pada prestasi belajar P AI yang lebih baik dari pada siswa non-pengurus OSIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ichsan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Nov 2015 13:59
Last Modified: 17 Nov 2015 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum