INTERPRETASI DATA GEOLISTRIK SOUNDING UNTUK MENGETAHUI LAPISAN BATUBARA DI DAERAH MUARAKAMAN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

SITI KHOTIAH, NIM 09620029 (2015) INTERPRETASI DATA GEOLISTRIK SOUNDING UNTUK MENGETAHUI LAPISAN BATUBARA DI DAERAH MUARAKAMAN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERPRETASI DATA GEOLISTRIK SOUNDING UNTUK MENGETAHUI LAPISAN BATUBARA DI DAERAH MUARAKAMAN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)
BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERPRETASI DATA GEOLISTRIK SOUNDING UNTUK MENGETAHUI LAPISAN BATUBARA DI DAERAH MUARAKAMAN, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Batubara sebagai bahan bakar alternatif minyak bumi dan gas bumi yang keberadaannya membutuhkan identifikasi dan penambangan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis-jenis batuan dibawah permukaan dan perlapisannya berdasarkan nilai hambatan jenis batuan (ρ) dan menentukan kedalaman dan ketebalan lapisan batubara berdasarkan nilai resistivitasnya. Penelitian dilakukan dengan mengolah data sekunder geolistrik sounding. Langkah pertama yaitu persiapan data geolistrik sounding. Data geolistrik sounding berupa nilai spasi elektroda arus (a), spasi elektroda potensial (b), beda potensial (V) dan besarnya arus (I). Data pengukuran yang diperoleh dari lapangan selanjutnya diolah dengan menggunakan software microsoft excel untuk mendapatkan nilai resistansi (R), faktor geometri (K) dan resistivitas semu (ρa). nilai spasi elektroda arus (a) dan resistivitas semu (ρa) disusun menggunakan notepad. Data yang telah disusun menggunakan notepad selanjutnya diolah menggunkan progress 3.0 yang meghasilkan informasi tentang jumlah perlapisan, harga resistivitas dan ketebalan tiap perlapisan untuk selanjutnya diinterpretasi dan didapatkan informasi perlapisan batuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai resistivitas batubara 100 - 110 Ωm dengan kedalaman batubara antara 1 - 48,41 m dan Ketebalan lapisan batubara antara 0,39 - 43,05 m. Kedalaman batubara rata-rata 1 m dan ketebalan ranta-rata 1,5 m. Nilai resistivitas lapisan batuan didaerah penelitian dikelompokkan menjadi 5 jenis lapisan batuan dengan nilai resistivitas masing-masing yaitu tanah (bervariasi tergantung tempat titik amat), batubara (100 - 110 Ωm), lempung (2 – 20 Ωm), batupasir (50 – 90 Ωm), gamping (120 – 4.000 Ωm). Nilai resistivitas yang sangat bervariasi ini disebabkan kondisi lokasi pengukuran yang berbeda-beda untuk masing-masing titik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Faizal Zakaria, M.T
Uncontrolled Keywords: Batubara, Geolistrik, Resistivitas, Schlumberger
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Nov 2015 14:03
Last Modified: 17 Nov 2015 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum