POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA GURU SMPN 1 JETISBANTULYOGYAKARTA

RUSMIYATI, NIM. 01410637 (2007) POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA GURU SMPN 1 JETISBANTULYOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA GURU SMPN 1 JETISBANTULYOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA GURU SMPN 1 JETISBANTULYOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pendidikan yang diterapkan dan usaha-usaha yang dilakukan oleh guru SMPN 1 Jetis untuk memberikan P AI bagi anak dalam keluarga. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memperluas pengetahuan masalah pendidikan agama, khususnya pendidikan agama dalam keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di keluarga guru S.MPN 1 Jetis Bantul Y ogyakarta. Penentuan subyek penelitian dengan metode populasi. Hal ini dikarenakan jumlah subyek kurang 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode Deskriptif analitik Non Statistik dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pola yang diterapkan oleh guru SMPN 1 Jetis dalam memberikan PAl bagi anak dalam keluarga adalah pola pendidikan yang fleksibel yaitu pola pendidikan otoriter dan pola pendidikan demokratik. Pola pendidikan yang digunakan disesuaikan dengan materi dan tingkat perkembangan anak. Pemberian P AI bagi anak dalam keluarga diberikan dengan berbagai usaha dan metode. Usaha yang mereka lakukan untuk memberikan P AI bagi anak adalah memberikan pengetahuan tentang rukun iman, rukun islam, mengajari membaca al-Qur' an, membiasakan dan memberi teladan kepada anak dalam melaksanakan ibadah serta memasukan anak ke dalam lembaga pendidikan agama di sekitamya, seperti TPQ dan TPQ-L. Metode yang sering digunakan oleh keluarga guru SMPN 1 Jetis dalam memberikan PAl bagi anak adalah metode pembiasaan dan keteladanan. Namun dalam pelaksanaannya masih mengalami kendalalhambatan. Hambatan ini berasal dari lingkungan intern keluarga dan ekstem keluarga (lingkungan masyarakat). Hambatan-hambatan tersebut adalah siaran TV, ternan bergaul yang kurang baik, keasyikan bermain dan kesibukan orang tua. Adapun usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah mengatur jam nonton TV, mengawasi pergawan, anak, memberikan kritik serta nasehat dan meluangkan waktu untuk anak. Keberhasilan pendidikan agama bagi anak dalam keluarga sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga itu sendiri, lingkungan sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pola Pendidikan Agama Islam, Anak dalam Keluarga Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Nov 2015 09:30
Last Modified: 18 Nov 2015 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum