PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARARAN AKTIF "KARTU SORTIR"DAN "TUTOR SEBAYA"DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

HAJAR PUJI KURNIAWATI, NIM. 02441381 (2007) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARARAN AKTIF "KARTU SORTIR"DAN "TUTOR SEBAYA"DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARARAN AKTIF "KARTU SORTIR"DAN "TUTOR SEBAYA"DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARARAN AKTIF "KARTU SORTIR"DAN "TUTOR SEBAYA"DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara basil belajar kimia siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif "kartu sortir" dengan siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif "tutor sebaya". Sebelwn diberi perlakuan, terlebih dahulu kedua kelompok diberi pre tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal kimia Semua siswa kelas X semester I SMA Kolombo Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2006/2007 merupakan popuJasi daJam penelitian ini. Seluruh siswa beijwnlah 103 siswa yang terbagi daJam 3 kelas. Sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu .satu kelas sebagai kelompok yang menerapkan strategi pembelajaran aktif "kartu sortir', dan satu kelas yang lain sebagai kelompok yang rnenerapkan strategi pembelajaran aktif ~utor sebaya". Metode pengwnpuJan data meliputi metode tes untuk data pengumpuJan awal kimia dan data basil belajar kimia Analisis data yang digunakan analisis varian, analisis kovarian 1 kovariabel., analisis regresi, dan uji BRS. Hasil analisis varian diperoleh harga Fbit = 102,75 (Fu% = 7,08), sedangkan basil analisis kovarian diperoleh harga Fhit = 31 ,19 (Ft.l% = 7,08). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara basil belajara kimia yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Kartu Sortir dengan yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tutor Sebaya baik tanpa melibatkan maupun dengan melibatkan variabel sertaan berupa kernampuan awal kimia. Hasil uji BRS diperoleh harga BRSt,s% = 0,960 dengan AY' = 1,183 (AY' > BR.S._s%). Hal ini menunjukkan bahwa basil belajar yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif .Kartu Sortir lebih baik dibandingkan basil belajar ldrnia yang menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tutor Sebaya. Hasil analisi.~ regresi diperoleh harga Fmt = 93,045. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan dan sumbangan yang berarti antara kemarnpuan awal kimia• dengan basil belajara kimia dengan memberikan swnbangan efektif sebesar 58,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kharnidinal, MSi.
Uncontrolled Keywords: Kartu Sortir, Tutor Sebaya. Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Nov 2015 10:21
Last Modified: 18 Nov 2015 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum