PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK BANTUL

SITI FATIMAH, NIM.03410159 (2007) PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penggunaan media audiovisual pada pembelajaran SKI di MA Ali Maksum Krapyak Y ogyakarta serta faktor,.faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan media audiovisual tersebut pada pembelajaran SKI. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan atau memperbaiki penerapan penggunaan media audiovisual pada pembelajaran SKI tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MA Ali Maksum Krapyak Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Tujuan penggunaan media audiovisual pada pembelajaran SKI di MA Ali Maksum adalah; untuk memotivasi peserta didik agar lebih giat lagi dalam mempelajari SKI, untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi, kemudian dengan media ini juga dijadikan sebagai sarana refreshing bagi peserta didik, serta untuk memberitahukan kepada peserta didik bahwa materi sejarah tidak hanya tersaji dalam buku saja tetapi sudah tersaji dalam bentuk visual. (2) Proses pembelajaran SKI dengan menggunakan media audiovisual adalah peserta didik menyaksikan film tersebut sampai selesai tanpa adanya bimbingan, arahan atau pun penjelasan singkat dari sang guru mengenai film yang baru saja disaksikan sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual pada pembelajaran SKI di MA Ali Maksum kurang efektif dan efisien dalam penyajian dan• penggunaanya. (3)_ Faktor pendukung dari penggunaan media audiovisual pada pembelajaran SKI adalah adanya inisiatif dari guru SKI untuk menggunakan media audiovisual, tersedianya media tersebut seperti VCD, alat alat kelengkapan lainnya seperti televisi dan CD di MA Ali Maksum, serta minat dan semangat yang tinggi dari peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kreativitas dari sang guru dalam mengelola suasana pembelajaran, kurangnya respon guru terhadap peserta didik, kurang lengkapnya fasilitas yang tersedia di dalam kelas, serta terbatasnya CD yang terkait dengan materi SKI sehingga guru sulit menyesuaikan antara film sejarah yang disaksikan oleh peserta didik dengan materi yang telah atau baru saja disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sukiman, S. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Audiovisual, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Nov 2015 11:45
Last Modified: 18 Nov 2015 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18373

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum