TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP KEADILAN GENDER DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY

WANTI WINDARI, NIM.0241146 (2007) TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP KEADILAN GENDER DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP KEADILAN GENDER DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP KEADILAN GENDER DALAM NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya keadilan gender dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah el Khalieqy dengan tinjauan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat ikut memperkaya wawasan pemikiran tentang bagaimana kedudukan dan hak-hak perempuan dalam pehdidikan Islam serta bagi para pendidik baik orangtua maupun guru dapat memberikan pendidikan yang berkeadilan gender. Penelitian ini merupakan penelitian library research, dengan subjek utama penelitian adalah novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah el Khalieqy. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca (simak) dan catat yang betkaitan dengan keadilan gender dalam pendidikan Islam dalam novel Perempuan berkalung Sorban. Data penelitian berupa deskripsi peristiwa yang mengacu pada permasalahan di atas, disajikan dalam konteks beberapa kalimat sampai dengan beberapa paragraph. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi (contentana/isis) yaitu metode yang digunakan untuk mengamUisa data yang berupa keadilan gender dalam novel Perempuan llerkalung Sorban karya Abidah el Khalieqy. Menyusun kualifikasi keseluruhan basil analisis itu sehingga mendapatkan gambaran deskriptif tentang keadilan gender ditinjau dari Pendidikan Islam dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah el Khalieqy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Perempuan Berkalung Sorban ini tidak ditemukan adanya keadilan bagi tokoh perempuannya dalam perlakuah pendidikan. Cara mendidik orangtua yang bias gender berlangsung dengan sadar maupun secara tidak sadar, karena pendirian yang bias gender sudah menjadi suatu sistem nilai dalam budaya di lingkungan rumah tokoh perempun dalam novel ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh, S. Ag, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Keadilan Gender,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Nov 2015 15:45
Last Modified: 18 Nov 2015 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum