KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK

MUHAMMAD FIRDAUSA NUZULA, NIM. 01430718-00 (2007) KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM MATEMATIKA BERPARADIGMA PROFETIK)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hadis Nabi Riwayat Abu Ya'la dari 'Abdullah bin 'Umar radiyalahu 'anhuma bab 10 no. 5659 lernyala Ielah menggambarkan realitas umat Islam sekarang ini herupa kehinaan dalam benluk kebodohan dan kemiskinan. Tawaran solusi yang diberikan oleh beliau Sallallahu 'alaihi wa Sallam adalah kembali kepada agama yang berpondasikan ai-Qur'an dan as-Sunnah. Oleh karenanya bidang pertama dalam kembali kepada agama adalah bidang pendidikan yang beifungsi untuk memberikan pemahaman yang benar dalam heragama, karena tidak mungkin kembali kepada agama lanpa mengelahui agama itu sendiri dengan benar. Pembacaan AI-Faruqi lerhadap realita.\• ini mengarahkan pada peruhahan pada bidang Pendidikan terkhusus pada kurikulumnya. Hal ini disebabkan sudah mengakar kuat kurikulum pendidikan yang berasal dari baral yang bersifal materialistis dan dikolomis antara agama dan sains. Pennasalahan ini dapal di alasi dengan penyusunan kurikulum yang berakar kepada a!-Qur'iin Jan as-Sunnah secara global dan dalam setiap bidang keilmuan. Matematika sebagai salah satu bidang keilmuan dan sebagai salah satu materi kependidikan yang Ielah ada dalam sejarah panjang perjalanan umat Islam baik secara integral dalam waris dan zakal, dan melalui buah karya filosof yang mengembangkannya di dalam dukumgan penguasa muslim perlu dikembalikan kepada agama selelah tumbuh liar di dalam asuhan faham malerialisme yang dikotomistik. Untuk mengembalikannya kepada agama itu diperlukan suatu paradigma allernatifyang dideduksi dari pemahaman agama yang jelas dan benar yang diistilahkan dengan paradigmu profetik. Paradigma ini dimaknai sebagai memandang sesuatu dari kerangka wahyu yang terdiri alas al-Qur'an dan as-Sunnah dengan dipahami melalui generasi-generasi lerdekat Nabi yaitu generasi sahabat kemudian generasi at-tabi 'in kemudian generasi tabi at-tabi 'in. Sebelum mendeduksi al-Qur'lm dan as-Sunnah menjadi prinsip-prinsip paradigmatik kurikulum diperlukan suatu rumusan paradigma projelik secara jelas dan sualu gambaran sejarah keilmuan dan pendidikan malematika dalam islam. Adapun pisau analisa yang digunakan adalah sebagai berikul: (a) Penggunaan landasan leologis dalam menggambarkan rumusan paradigma profetik yang ditunjang oleh pembuktian teologis dan historis berdasarkan analisis yang logis. (b) Penggunaan melode hisloris dalam menggamharkan perkembangan matematika dalam sejarah Islam. (c) Penarikan konklusi berupa prinsipprinsip dasar kurikulum malemalika dari al-Qur'an dan as-Sunnah. (d) Contoh aplikasi prinsip-prinsip dasar tersebut dalam realitas pembelajaran. Prinsip-prinsip kurikulum malematika berparadigma profelik yang berhasil dideduksi dari kedua landasan teologis tersebut adalah (1) dalam tujuan pendidikan matematika adalah (a) untuk memberikan kemampuan berhitungan yang berguna dalam kehidupan keseharian, (b) untuk memberikan kemampuan dasar fiqh islam seperli un1uk perhitungan waris dan pe•rhitungan zakat dan (c) untuk pengembangan ilmu pengelahuan dan teknologi. (2) dalam maleri pendidikan malematika dideduksi (a) prinsip integralistik, (b) prinsip perkemhangan peserta didik, (c) prinsip kesinambungan, dan (d) prinsip kemaJ?faalan (3) dalam melode pembelajaran malemalika adalah prinsip kesesuaian dengan kemampuan peserta didik (4) dalam evaluasi pembelajaran malematika dideduksi (a) prinsip kesesuaian dengan tujuan dan (b)prinsip berjangka waktu. Prinsip prinsip inilah yang diharapkan menjadi kerangka acuan penyusunan . suatu kurikulum matematika yang berdasarkan paradigma profotik sebagai alternative atas kegagalan kurikulum yang berasal dari barat dalam menjadikan umat islam kembali kepada kemuliaannya dan dominasinya terhadap dunia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. SUMEDI, M. Ag.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Nov 2015 10:13
Last Modified: 19 Nov 2015 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum