PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI RELASI DAN FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII SLTP DENGAN MEDIA ALAT PERAGA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SLTP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN)

SUKARJO, NIM. 99434239 (2007) PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI RELASI DAN FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII SLTP DENGAN MEDIA ALAT PERAGA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SLTP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI RELASI DAN FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII SLTP DENGAN MEDIA ALAT PERAGA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SLTP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI RELASI DAN FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII SLTP DENGAN MEDIA ALAT PERAGA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SLTP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kegialan belajar mengaJar di Sekolah Lanjutan Tingkat Pcrtama (SLTP) Muhammadiyah 3 Depok Sleman saat ini masih terdapat beberapa permasalahan diantamnnya adalah siswa belum paham akan tetapi tidak bemni bertanya, kondisi kelas selalu ramai sehingga menimbulkan suasana kelas yang kurang kondusif. Suasana ini berdampak pada nilai hasil presta.Si yang kunmg memuaskan. Faktor utama dari sistem pembelajaran ini adalah kurangnya kreatifitas guru dalam memandu proses belajar mengajar. Melalui pembelajaran matematika terutama kompetensi dasar memahami relasi dan fungsi dengan menggunakan media alat peraga diharapkan mampu memberikan solusi bagi permasalahan tersebut. Pembelajaran dilaksanakan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan di akhir siklus diadakan ulangan untuk mengetahui hasil prestasi siswa. Guru menggunakan media alat peraga .dalam pembelajaran sebagai apersepsi serta alat untuk mempeijelas materi atau soal agar mudah dimengerti serta menarik perhatian siswa terhadap pembelajaran yang diajarkan. Sclanjutnya untuk mempresentasikan jawaban siswa, siswa menggunakan alat peraga bagi jav.'ahan yang menm,'Uilakan alat peraga. Pembelajaran ini terbukti efektif dengan adanya suasana kelas yang lebih kondusif, yaitu siswa lebih terfokus dengan pembelajaran, berani bertanya jika belum paham dan berani mempresentasikan jawaban di depan temantemannya. Hal ini dapat mempengaruhi hasil prestasi siswa. Pertemuan pertama siklus I, nilai rata- rata 5,7.Pertemuan kedua naik menjadi rata-rata 5,85. Hasil ulangan akhir siklus naik menjadi 5,97. Nilai rata-rata sebelum dilakukan tindakan scbesar 5,49, setelah diadakan tindakan naik menjadi 5,97. Perternuan pertama siklus 11, nilai rata- rata 6,0. Pertemuan kedua naik menjadi rata-rata 6,3. Hasil ulangan akhir siklus meningkat menjadi rata-rata 7,54. Nilai rata-rata siklus I sebesar 5,97 naik setclah diadakan tindakan siklus II menjadi 7,54. Dengan demikian, penggunaan media alat peraga dalam pemhelajaran matematika terutama • pada kompetensi dasar memahami relasi dan fungsi akan mewujudkan pembelajaran yang kondusif, yaitu siswa lebih terfokus dengan pembelajaran. berani bertanya jika belum paham dan bemni mempresentasiknn • jawaban di depan teman-temannya. Hal ini dapat mempengaruhi hasil prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sedyo Santoso, SS. M. Pd.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Nov 2015 11:22
Last Modified: 19 Nov 2015 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum