UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SDN DEMANGAN YOGYAKARTA

HENI DHAKIYAH, NIM. 0147 0812 (2007) UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SDN DEMANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SDN DEMANGAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (78MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (58MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan dan mengetahui upaya guru agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa SDN Demangan Yogyakarta menganalisis pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan agama Islam yang berkaitan dengan pembinaan akhlak siswa, hasil pembinaanya, serta beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbang pemikiran secara tertulis berkenaan dengnn pelaksanan pendidikan agama Islam di sekolah dasar dan sekolah-sekolah lain pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDN Demangan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif-analitik kemudian dianalisis dengan pola berfikir induktif dan deduktit: Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tujuan pembinaan akhlak bagi siswa adalah untuk mewujudkan siswa-siswi yang memiliki moralitas yang baik, serta mengarahkan dan membimbing siswa agar senantiasa berakhlak baik sesuai dengan ajaran agama baik di sekolah maupun di luar sekolah, (2) Upaya guru agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa SDN Demangan Yogyakarta adalah: a) dalam kegiatan pembelajaran (formal) di kelas, pembinaan akhlak siswa dilakukan guru pendidikan agama Islam dengan menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, dimana dalam materi tersebut sudah tertanam pelajaran tentang akhlak, b) di luar jam pelajaran (non formal) yaitu, dalam kegiatan PHBI, perkemahan, pesantren kilat, dan kegiatan kemanusiaan, (3) Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa adalah: a) adanya mushalla sebagai tempat ibadah, b) adanya dukungan dari guru terutama yang beragama Islam dalam masalah pembinaan akhlak, c) dalam kegiatan keagamaan kepala sekolah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya, d) banyaknya kegiatan keagamaan di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) belum semua guru dan orang tua peduli terhadap pembinaan akhlak siswa, b) adanya pengaruh Iingkungan yang negatif, c) kurangnya sarana dan prasarana, d) kurangya kesadaran siswa dalam melaksanakan ajaran dan kegiatan keagamaan, e) kurangnya peduli orang tua dalam hal pembinaan akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Arifi, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Agama Islam, Pembinaan Akhlak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Nov 2015 10:56
Last Modified: 19 Nov 2015 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum