GAYA HIDUP DUGEM DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS TENTANG EKSPRESI GAYA HIDUP DAN KEBERAGAMAAN MAHASISWA PELAKU DUGEM DI YOGYAKARTA)

MILA BUDI UTAMI, NIM. 02540980 (2007) GAYA HIDUP DUGEM DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS TENTANG EKSPRESI GAYA HIDUP DAN KEBERAGAMAAN MAHASISWA PELAKU DUGEM DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAYA HIDUP DUGEM DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA . (STUDI KASUS TENTANG EKSPRESI GAYA HIDUP DAN KEBERAGAMAAN MAHASISWA PELAKU DUGEM DI YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (GAYA HIDUP DUGEM DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA . (STUDI KASUS TENTANG EKSPRESI GAYA HIDUP DAN KEBERAGAMAAN MAHASISWA PELAKU DUGEM DI YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan gaya hidup dugem ( dunia gemerlap) yang di ikuti sebagian mahasiswa di Yogyakarta. Semakin seringnya pergi dugem yang dilakukan remaja, menjadi satu masalah yang perlu dikaji dan ditanggapi. Masuknya informasi dari budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia dan ajaran Islam, akan men,pengaruhi remaja terutama dalam bersikap dan berperilaku dalam pergaulan. Banyaknya media massa yang menyajikan bahwa dugem sesuatu yang trendi dan mempengaruhi afeksi ( emosi dan perasaan) dan seianjutnya bisa sampai tingkat behaviour (perilaku). Karena masalah yang ada pada remaja saat ini mengenai pergaulan yang menjurus pada pergaulan bebas yang jP,las-jelas dilarang oleh agama Islam maupun niiai sosial. Apakah nilai dan norma yang tclah terbentuk masih dipedulikan oleh para remaja, atau malah telah berubah bahkan luntur karena arus globalisasi ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan mahasiswa mengenai dugem, bagaimana mengekspresikan dalam kehidupannya, dan apakah hal tersebut berpengaruh terhadap keagamaannya. Penelitian ini memfokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan perilaku dugem, khususnya mahasiswa yang terlibat dengan dugem di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi di lapangan, wawancara dengan informan, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Dalam metode analisis data menggunakan deskripsi kualitataif, yaitu untuk menggambarkan dan menjelaskan dugem sebagai pergaulan sebagian mahasiswa di Yogyakarta. Dari hasil penelitian ini ditemukan, dugem merupakan sebuah trend baru dan telah menjadi bagian hidup di kalangan remaja, sehingga dugem menjadi istilah khas anak muda merujuk pada suatu duffia malam yang bemuansa kebebasan, ekspresif, modem, teknologis, hedonistik, konsumeristik dan metropolis yang menjanjikan kegembiraan sesaat. Menurut mereka dugem adalah refreshing yang dilakukan dimalam hari lebih menonjolkan sisi kebebasan, luapan kesenangan secara berlebihan untuk memanjakan diri, mengekspresikan dan meluangkan diri untuk diri sendiri. Mereka mengekspresikan dugem bermacam-macam bentuk, yakni: pertama, nongkrong di kafe atau diskotik, kedua, meminum-minuman beralkohol dan ngedrug, ketiga, dengan tripping dan terakhir, pacaran bebas. Seringnya pergi dugem sebagian remaja cenderung Iupa waktu dimana mereka memanfaatkan waktu malamnya, tanpa disadari telah menjadi kebiasaan dan menimbulkan kecanduan, dan sangat berpengaruh terhadap . keagamaannya. Sebagian remaja mengaku setelah mengenal kehidupan dugem, mereka tidak pemah menjalankan kewajiban ibadah shalat lima waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, MA
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Nov 2015 08:05
Last Modified: 20 Nov 2015 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum