STRATEGI FEEDBACK DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MTS N YOGYAKARTA II

RIDA UMIYA, NIM. 02461298 (2006) STRATEGI FEEDBACK DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MTS N YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI FEEDBACK DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MTS N YOGYAKARTA II)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI FEEDBACK DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MTS N YOGYAKARTA II)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Usaha untuk meningkatkan prestasi belajar fisika tidak hanya perbaikan pada metode pembelajaran saja tetapi juga dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran Guided Teaching dun Stratcgi feedback. Setiap akhir penyampaian konsep guru diharapkan dan diusahakan mengadakan latihan soal. setelah latihan soal diberikan guru perlu menindaklanjuti dengan memberi feedback kepada siswa. Feedback tidak hanya menginformasikan apakah jawaban siswa betul /salah tetapi dengan menunjukan jawaban yang betul. Strategi feedback dilakukan untuk kelancaran pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan mendapatkan model foedback yang terbaik pada latihan soal dalarn pembelajaran fisika sebagai upaya untuk meningkatakan prestasi belajar fisika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di MTs N Yogyakarta II. Data yang diperlukan adalah pelaksanaan tindakan, angket dan penampilan subyek penelitian. lnstrumen yang digunakan untuk memonitoring dan evaluasi tindakan di kelas adalah lembar observasi tentang penampilan subyek penelitian pada kegiatan penilaian yang dibuat sendiri oleh peneliti. Setelah dilakukan tiga kali tindakan dengan melakukan beberapa revisi pada model yang disusun, maka dipeoleh model foedback yang terbaik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A semester I tahun pelajaran 2006/2007. Adapun model feedback yang terbaik adalah model feedback III yang berisikan ( I ) Berdasarkan fungsi infonnasi (a) KCR + Penjelas (b) KCR + Pengajaran tambahan, (2) Berdasarkan fungsi motivasi, foedback segera (immediet foedbaclc). Kenaikan prestasi foedback III tersebut terhadap foedback I dan foedback II ditunjukan dengan perbandingan persentase prestasi siswapada feedback I , foedback II, feedback III berturut-turut adalah 30,46%, 27,17%, 52,17%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Yusman Wiyatmo, M.Si
Uncontrolled Keywords: foedback, Guide teaching, prestasi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Nov 2015 11:43
Last Modified: 30 Nov 2015 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18461

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum