PENGARUH BERAT RAGI (SACHAROMYCES CEREVICEAE) DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP RENDEMEN DAN KUALITAS MINYAK KELAPA YANG DIHASILKAN SECARA FERMENTASI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK LEMAK

HINDAYATI MUSTAFIDAH, NIM. 02441335 (2007) PENGARUH BERAT RAGI (SACHAROMYCES CEREVICEAE) DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP RENDEMEN DAN KUALITAS MINYAK KELAPA YANG DIHASILKAN SECARA FERMENTASI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK LEMAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BERAT RAGI (SACHAROMYCES CEREVICEAE) DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP RENDEMEN DAN KUALITAS MINYAK KELAPA YANG DIHASILKAN SECARA FERMENTASI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK LEMAK)
BAB I, V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BERAT RAGI (SACHAROMYCES CEREVICEAE) DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP RENDEMEN DAN KUALITAS MINYAK KELAPA YANG DIHASILKAN SECARA FERMENTASI SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DI SMA PADA MATERI POKOK LEMAK)
BAB II, III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh berat ragi (Sacharomyces cereviceae) dan lama fermentasi terhadap rendemen dan kualitas minyak kelapa yang dihasilkan secara fermentasi serta untuk mengetahui potensi basil penelitian ini sebagai altematif sumber belajar kimia di SMA khususnya pada materi lemak. Sampel dalam penelitian ini adalah minyak kelapa yang diambil dengan cara fermentasi. Pengambilan sampel dilakukan secara purpossive sampling, yaitu peneliti menentukan minyak kelapa yang dihasilkan dari buah kelapa yang berwarna tua. Variabel be bas dalam penelitian ini adalah berat ragi yang dinyatakan dalam (% b/b) dengan variasi 1%, 2%, dan 3% dan lama fermentasi dengan variasi 10 jam, 14 jam, dan 18 jam, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah rendemen minyak yang dihasilkan dan kualitas minyak yang meliputi kadar air, angka peroksida, angka asam, angka iod dan angka penyabunan. Analisis statistik yang digunakan adalah ANAVA AB. Proses dan produk penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai altematif sumber belajar kimia di SMA khususnya pada materi lemak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh berat ragi dan lama fermentasi terhadap rendemen minyak kelapa yang dihasilkan. Semakin banyak ragi yang ditambahkan, rendemen minyak yang dihasilkan akan semakin banyak, dan semakin lama fermentasi yang digunakan maka rendemen yang dihasilkan juga akan meningkat hingga mencapai waktu optimum yaitu 14 jam (A3B2). Pada analisis kualitas minyak, berat ragi dan lama fermentasi hanya memberikan pengaruh pada kadar air, angka peroksida dan angka asam, sementara pada angka iod dan angka penyabunan tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Hasil uji kualitas minyak yang dihasilkan dalam penelitian ini masih dalam batas-batas yang diperkenankan oleh SNI untuk mutu minyak kelapa Proses dan produk penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai altematif sumber belajar kimia di SMA pada materi lemak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Susy Yunita Prabawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Minyak kelapa, Kualitas minyak kelapa, Sumber belajar kimia di SMA.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Nov 2015 14:37
Last Modified: 30 Nov 2015 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum